10.350 Bidang Sertifikat Tanah Diserahkan Langsung Presiden Jokowi di Simpanglima Semarang

Nasional396 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Sebanyak 10.350 Sertifikat Hak Atas Tanah diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Lapangan Simpang Lima, Semarang. Dengan melalui perwakilan yang ditunjuk untuk mewakili dari enam kabupaten di Jawa Tengah, pada Sabtu (23/12/2017).

Orang nomer satu di Indonesia ini mendatangi lokasi pada pukul 12.18 WIB. Jokowi bersama istrinya, Iriana Joko Widodo menyambangi para warga terlebih dahulu sebelum duduk di kursi yang telah disediakan.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mendampingi Jokowi dalam menyerahkan ribuan sertifikat secara simbolik.

”10.350 Sertifikat yang akan diserahkan itu untuk enam kabupaten/kota di Jawa Tengah,”kata Presiden.

Daerah-daerah tersebut di antaranya, Kota Semarang (1.050), Kabupaten Semarang (3000), Kabupaten Grobogan (1000), Kabupaten Kendal (2500), Kabupaten Demak (2500), Kota Salatiga (300).

”Dengan jumlah sebanyak 10.350 bidang sertifikat ini, berarti target untuk Provinsi Jawa Tengah sudah terpenuhi dari target yang ditentukan sebanyak 646.038 bidang sertifikat.”

Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, acara penyerahan ini serentak dilakukan di empat kota lainnya.Dengan melalui teleconpren ini Presiden bisa melakukan komunikasi dengan daerah lain.

“Ini serentak, ada di Padang (Sumatra Barat), Yogyakarta, Bau-bau (Sulawesi Tenggara), Bengkulu, dan di sini yakni Kota Semarang,” ucap Darmin sembari memberikan sambutan.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjelaskan, bahwa dengan percepatan pensertifikatan tanah untuk masyarakat ini, ternyata mempunyai nilai hak tanggungan sebesar Rp 64,4 triliun tahun 2016, sedangkan dalam tahun 2017 sampai 22 Desember mempunyai nilai hak tanggungan sebesar Rp 74,9 triliun.

”Jadi dengan program pensertifikatan tanah secara sistematis (PTSL) ini, ternyata mendapat tanggapan antusias masyarakat semakin besar. Ditambah dengan perolehan BPHTB yang luar biasa jumlahnya,”ujarnya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar