oleh

129 Pelajar SMA Ikuti Pasanggiri Tingkat Kota Bogor

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda Kota Bogor menggelar acara ”Pasanggiri Basa, Sastra, Aksara Jeung Seni Sunda SMA-Tingkat Kota Bogor Taun 2019” di SMAN 9 Kota Bogor, Mantarena, Kota Bogor, Selasa (27/8/2019).

Pasanggiri yang berlangsung selama satu hari itu diikuti 129 peserta, masing-masing dari perwakilan 10 SMA Negeri dan tujuh SMA Swasta se-Kota Bogor.

Menurut Ketua Panitia Yanuarisnandar, dalam acara Pasanggiri tersebut diperlombakan Biantara (pidato bahasa Sunda), Dongeng, baca sanjak/pantun, baca-tulis Aksara Sunda, Kawih (nyanyi lagu Sunda), dan Pupuh. Kegiatan tersebut dalam rangka seleksi tingkat Kota Bogor menuju Pasanggiri tingkat provinsi pada 2-4 September 2019 di Bandung.

‘’Dalam kegiatan ini kita akan menyaring 12 peserta yang akan menjadi wakil Kota Bogor dalam pasanggiri di Bandung pada 2-4 September 2019,’’Yanuarisnandar.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 9, Denty Dentrijadi saat ditemui disela-sela acara mengatakan, pasanggiri merupakan salah satu kegiatan MKKS. Tujuan kegiatan tersebut untuk pelestarian budaya mewadahi minat dan bakat siswa di bidang bahasa dan seni sunda.

‘’Melalui pasanggiri ini kita mencari bakat siswa terbagi dalam bidang tersebut dan menjadi wakil Kota Bogor ke tingkat provinsi,’’ujarnya.

Denty berharap, dengan diselenggarakannya pasanggiri ini akan menambah kecintaan terhadap bahasa dan budaya Sunda. ‘’Agar bahasa Sunda tidak jadi tamu di tanah sendiri,’’terangnya.

Pada kesempatan itu, Denty mengatakan pihaknya akan menanggung semua fasilitas kepada wakil Kota Bogor yang akan berangkat ke Bandung untuk mengikuti Pasanggiri tingkat provinsi.

(Periksa Ginting)

Komentar