oleh

Akibat Perbaikan Pipa Caringin, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Imbau Pelanggan Zona 1 Untuk Tampung Air

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Akibat Perbaikan kebocoran pipa Caringin, akan berdampak pada terganggunya pelayanan bagi pelanggan di Zona 1. Pasalnya, pipa  ACP 21” berloklasi di Jl Raya Ciawi-Sukabumi deket Jembatan Cikalang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor akan ada perbaikan transmisi air baku pada hari Rabu (19/5/2021) pagi.

“Dengan adanya perbaikan pipa dilokasi tersebut, maka kami menghimbau para pelanggan di Zona 1 untuk untuk menampung air,” kata Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf melalui Manager NRW & Trandist Nasrul Zahar, Selasa (18/5/2021)

Menurutnya, perbaikan pipa transmisi air baku jalur Sumber Mata Air Tangkil ini dijadwalkan dimulai pada pukul 10.00 hingga 13.00 WIB. Namun pasokan air dari Mata Air Tangkil akan ditutup mulai pukul 08.00 WIB, untuk memudahkan proses perbaikan.

“Setelah dilakukan pencarian sejak beberapa hari lalu, titik bocor ditemukan di dekat Jembatan Cikalang Senin kemarin. Alhamdulillah ketemu titik pipa yang bocor,” ujar Nasrul di lokasi titik kebocoran pipa tersebut.

Untutk perbaikan pipa yang bocoe, Perumda Tirta Pakuan akan mulai mengerkakan Rabu (hari ini-red). Kemungkinan sejumlah wilayah di zona 1 akan terdampak. Adapun daerah yang berpotensi mengalami gangguan pasokan di zona 1 antara lain Jl Raya Ciawi-Sukabumi, Wangun, Harjasari, Sindangsari, Sindangrasa, sebagian Tajur. Kemudian Rancamaya, Kertamaya, Bojongkerta, Dekeng dan sekitarnya.

Lebih lanjut Nasrul menjelaskan, bahwa perbaikan ini merupakan upaya Tirta Pakuan untuk memaksimalkan pelayanan air bersih kepada para pelanggan, serta menghindari kemungkinan malapetaka di kemudian hari. “Harus diperbaiki. Kalau dibiarkan kita khawatir akan terjadi longsor atau pipa terbelah,” kata mantan Manager Perawatan itu.

Untuk itu, Nasrul mengimbau pelanggan untuk menampung air karena potensi gangguan pasokan air bersih saat pemulihan atau recovery pengaliran bisa berlangsung 4-7 hari, karena pasokan air tidak serta merta langsung mengalir ketika perbaikan selesai.

“Kita masih ada proses normalisasi pengaliran untuk buang udara yang terjebak di dalam pipa. Untuk zona 1, biasanya agak lama, bisa satu minggu, karena kontur tanah zona 1 yang berbukit-bukit,” jelas Nasrul.

Langkah Antisipasi

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor  menyusun langkah antisipatif untuk meminimalisir gangguan pasokan ke pelanggan, akibat perbaikan pipa yang bocor tersebut..

Tim Pengaliran akan memaksimalkan volume Reservoir Rancamaya pada Selasa malam (18/5). Sehingga saat pasokan air dari Tangkil ditutup, air dari reservoir bisa didistrubusikan ke daerah Rancamaya, Dekeng hingga sebagian Cipaku.

Petugas juga akan memaksimalkan pompa Intan Pakuan yang pasokan airnya dari Reservoir Cipaku 9000 M3 untuk menyuplai air ke wilayah Intan Pakuan hingga Sukasari Kota Bogor

Selain itu Perumda Tirta Pakuan juga telah menyiagakan armada tangki yang siaga di titik-titik terdampak gangguan dan bisa menghubungi Call Center 0251-8324111 atau chat WA 08111182123 untuk pemesanan tangki gratis.

(Humas Perumda Tirta Pkuan Kota Bogor / PH)

Komentar