oleh

Alumni APPD-STIK-STIKOM Semarang Sepakat Bentuk Wadah Tunggal Alumni

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – Reuni alumni lintas Angkatan Akademi Pembangunan Dipanagara (APPD) dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIK/STIKOM) Semarang berlangsung ramai dan meriah. Meski raut muka sudah pada tua dan ada yang masih muda, kelihatan senang bertemu kawan lama waktu di kampus.

Dalam acara yang digelar di Hotel UTC Semarang itu, dihadiri para alumni dari seluruh angkatan, sehingga para peserta reuni sepakat untuk dibentuk wadah yang menyatukan potensi para alumni perguruan tinggi publisistik/ilmu komunikasi tertua di Jateng ini.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang, Drs H Gunawan Witjaksana, M.Si mengatakan untuk mewujudkan membuat satu wadah yang menghimpun potensi alumni APPD, STIK dan STIKOM Semarang tinggal satu kangkah lagi, setelah semua peserta reuni lintas angkatan yang berlangsung di Café Kongkow Hotel UTC Semarang, Minggu (18/2) menyetujui gagasan yang sudah lama dilontarkannya.

”Kesepakatan saudara-saudara semua sangat membahagiakan kami yang saat ini menahkodai almamater, yang pernah mengasuh kalian semua. Kami sangat rindu dan butuh ditemani para alumni, terlebih dalam era persaingan yang sangat ketat seperti sekarang ini,” ujarnya, di depan para peserta reuni yang dihadiri 200 orang alumni APPD/STIK/STIKOM Semarang.

Menurutnya, peran para alumni di masyarakat sangat besar sekali dalam mendukung keberadaan dan pengembangan STIKOM Semarang, yang saat ini tengah bersiap-siap menghadapi akreditasi instutusi dan pogram studi.

”Melalui kegiatan reuni ini STIKOM dapat mengetahui kiprah nyata para alumninya, setelah selama puluhan tahun tidak berkomunikasi,”paparnya.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang, Drs H Gunawan Witjaksana, M.Si

Diketahui, para alumni selain banyak menekuni berbagai bidang yang terkait dengan ilmu komunikasi, baik di dalam maupun di luar instansi pemerintah, juga ada yang berhasil menduduki posisi-posisi penting di beberapa lembaga tinggi negara.

”Dari beberapa alumni ada yang menjadi salah satu Dirjen di lingkungan Kemenhan RI dan perwira tinggi Polri di Mabes Polri. Selain itu ada dua alumni STIK yang dipercaya menjadi Menteri di negara Timur Leste,”katanya.

Gunawan menjelaskan, untuk mematangkan gagasan membentuk satu wadah alumni, STIKOM akan memprakarsai penyelenggaraan Mega Reuni di kampus STIKOM Semarang, bersamaan pada rangkaiakan acara Dies Natalis APPD – STIK-STIKOM Semarang dan wisuda sarjana.

Ketua Panitia Reuni Lintas Angkatan APPD-STIK-STIKOM Semarang, Aman Ariyanto menyambut positif dan mendukung gagasan Ketua STIKOM Semarang dan mengharanpkan agar mega reuni ini, dapat semakin meriah dan alumni yang hadir jumlahnya lebih banyak lagi dari yang sekarang.

”Kami semua yang hadir di sini siap membantu memobilisir para alumni untuk datang kembali, apalagi acaranya di kampus. Pasti lebih menarik,” tuturnya.

Menurutnya, meski lokasi kampusnya sudah berpindah dan tidak lagi di Bendan atau Jl, Gajah Mada. Namun, tetap memiliki daya tarik.

Menurut Gunawan, setidaknya para alumni ada yang memiliki nilai kenangan, terhadap benda-benda atau perangkat-perangkat perkuliahan yang dulu pernah digunakan untuk menjalani proses perkuliahan.

”Sekali lagi supaya lebih gayeng lagi kalau reuni akan dilaksanakan kembali di kampus, sehingga daya tariknya bagi alumni sungguh sangat besar,”tutur Gunawan.(Suparman)

Komentar