Amphuri Travel Expo 2018 Targetkan Transaksi Capai Rp.5 Miliar

10/07/2018 7:28:08 Kategori:

INILAHONLINE.COM, SEMARANG - Asosiasi Muslim Pengusaha Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) DPD Jawa Tengah, menargetkan event Amphuri Islamic Travel Expo (AITE) yang akan digelar di Mal Paragon, Semarang selama tiga hari mulai 20-23 Juli 2018. Diharapkan mampu meraih transaksi sebesar Rp 5 miliar.

''Dengan melihat banyaknya perusahaan haji plus dan umroh yang tercatat sebagai peserta pameran AITE itu, optimis transaksi yang diptikaan bakal mencap[ai senilai Rp 5 miliar,''ujar Ketua Amphuri DPD Jateng Endro Dwi Cahyono seusai pertemuan teknik di Kantor Bank Jateng di Semarang, Senin (9/7/2018).

Menurutnya, hingga kini ada sebanyak 40 biro travel haji plus dan umroh ditambah lima stand penyedia, perlengkapan dan pendukung ibadah yang akan ikut meramaikan selama pameran berlangsung.

''Dengan peserta stand itu, total mencapai 45 perusahaan yang akan ikut maraikan AITE 2018,''paparnya.

Namun demikian, menurutnya, secara matematis kami berharap setiap stand biro umroh, dari 40 stand bisa mendapatkan kesepakatan minimal 10 transaksi dengan pengunjung.

''Jika hal ini tercapai dan harga yang ditawarkan dari penyedia perjalanan ibadah minimal Rp 20 juta, target senilai Rp 5 miliar itu bisa terlampaui,''ujarnya.

Didampingi Kepala Sub Divisi Dana Treasury Divisi Syariah Bank Jateng Amrina Rosyada, Ketua panitia Dwi Widayanto, Endro menuturkan dalam kegiatan ini Amphuri Jateng, juga mengapresiasi dukungan Bank Jateng Syariah dan Garuda Indonesia Airlines selama gelaran.

''Kedua instansi ini juga akan memberikan promosi menarik kepada pengunjung selain sebanyak 45 stand yang berpartisipasi,''tuturnya.

Dijelaskan, kegiatan ini kami juga manfaatkan sebagai sosialisasi kepada masyarakat, terkait biro travel haji plus dan umroh yang sudah memenuhi syarat dan mempunyai track record yang bagus, mengingat 40 perusahaan lokal dan cabang perusahaan nasional penyelenggara perjalanan ibadah yang ada di Jawa Tengah ini sudah kami verifikasi lebih dulu.

''Diharapkan dari ini semua, masyarakat ke depan bisa terhindar dari kasus penipuan, yang beberapa bulan ini menghebohkan di beberapa daerah,''ujarnya.

AITE ini, lanjut dia, juga disebut merupakan kelanjutan dari acara yang diselenggarakan Amphuri Jateng di Solo pada Juli 2017 lalu. Di Kota Bengawan acara tersebut disambut baik dan Amphuri Jateng berharap hal serupa juga terjadi di Kota Semarang.

''Dalam AITE 2018 ini masyarakat juga akan mendapatkan harga paling murah, dari promo perjalanan ibadah umroh, yang sesuai dengan tarif standard minimal yang sudah ditetapkan Kementrian Agama RI.''

Menurut Endro, perjalanan umroh di Jateng saat ini juga semakin mudah, dengan adanya penerbangan langsung dari Solo ke Jeddah, Arab Saudi.

''Ini semua dapat mendorong masyarakat untuk tidak ragu, menggunakan biro perjalanan ibadah umrah lokal yang sudah diverifikasi oleh Kementerian Agama.''

Sementara itu, Amrina Rosyada menuturkan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan pameran ini, khususnya jika ada pengunjung yang menginginkan adanya pembiayaan untuk ibadah umrah maupun haji plus.

''Jadi ini merupakan bentuk komitmen Bank Jateng Syariah dalam mendukung suksesnya pameran ini,''paparnya.(Suparman)