oleh

Anggota FPG DPRD Kota Bogor Gelar Kegiatan Reses Di Tiga Kelurahan

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor mulai menjalani masa reses mulai hari ini kamis 5 Maret 2020 di sejumlah Kelurahan dan Kecamatan Bogor Barat.

Salah seorang anggota Dewan dari Fraksi Partai Golkar (FPG) Heri Cahyono telah berkesempatan menemui konstituenya di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, dengan mendatangi warga di tiga Kelurahan, yaitu Kelurahan Pasir Jaya, Kelurahan Pasir Mulya dan kelurahan Cilendek Barat.

“Kami sengaja menggelar reses di kantor kelurahan, khususnya di Kelurahan Pasir Jaya ini, agar bisa dihadiri oleh Lurah setempat, para pegawai Kelurahan dan juga para Ketua RT dan RW, para Tokoh masyarakat, Ketua LMP dan yang lainnya ” ujar Heri Cahyono.

Menurutnya, dengan mengundang para pemangku kebijakan, dimaksudkan agar setiap program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dapat tersosialisasikan dan diimplementasikan kepada masyarakat setempat sekaligus dirinya dapat menyerap aspirasi warga. Selain itu, Heri Cahyono dalam sambutannya menekankan betapa pentingnya mendidik anak, supaya terhindar dari pergaulan yang menggagu proses belajar anak.

“Saat ini di Kota Bogor sedang menghadapi maraknya tawuran, terutama tawuran antar pelajar yang menelan korban hingga meninggal. Mari kita jaga anak anak kita agar tidak ikut ikutan, dengan cara memantau atau mengawasi mereka, agar anak anak tidak sampai ada yang putus sekolah,” ujar anggota dewan dari Komisi III yang membidangi pembangunan ini.

Lebih lanjut, Heri juga menekankan betapa pentingnya masalah kesehatan, karena dengan menjaga kesehatan dan mencegah penyakit merupakan tanggung jawab semua pihak, khusunya bagi Pemkot Bogor yang telah menyiapkan fasilitas kesehatan berupa Puskesmas di seluruh Kecamatan, dengan menambah ruang inap di RSUD Kota Bogor.

“Kita lebih baik tidak usah sakit, kita harus jaga kesehatan dan jangan sampai kita terkena penyakit walaupun ada fasilitas kesehatan, karena sakit itu tidak enak dan aktifitas kerja terganggu,” tandasnya.

Selain itu, Heri juga menekankan betapa pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dengan menyarankan agar warga gemar menanam pohon. Karena dengan semakin banyak menanam pohon, maka semakin banyak manfaatnya untuk menjaga kelestarian alam.

“Tidak perlu saya sebutkan apa saja manfaatnya menanam pohon itu? Karena semua bencana yang ada di bumi ini sebagian besar disebabkan oleh dibabatnya pohon dan kurangnya kesadaran masyarakat merawat dan menanam pohon,” kata Heri yang juga alumni Magister IPB Bogor tersebut.

Terakhir, Heri menyoroti soal upaya peningkatan daya beli masyarakat. Dalam upaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat, tentunya dengan menciptakan peluang usaha secara swadaya atau mandiri tanpa harus mencari pekerjaan dan bekerja di perusahaan atau menjadi pegawai.

“Bekerja tidak harus secara formal, banyak orang sukses dan makmur karena menekuni bidang usaha yang berawal dari hobi. Disinilah, jika kita bisa berusaha secara mandiri, maka Insya Allah kita semua akan sejahtera,” pungkasnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat, Iwan menyampaikan bahwa pihaknya berharap warga kelurahan Pasir Jaya dalam kesempatan ini bisa menggunakan kesempatan dengan sebaik baiknya dalam kegiatan reses anggota dewan ini untuk menyampaikan aspirasinya, agar dapat diperjuangkan oleh dewan.

Kepala Kelurahan Pasir Jaya, Gurda Siregar mengungkapkan, dengan banyaknya lokasi rawan bencana di wilayahnya, pihaknya melakukan patroli bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk penanggulangan bencana dan memastikan warganya terhindar dari kemungkinan bencana.

“Kami merasa bersyukur mendapat kunjungan dari DPRD lewat reses, karena ini merupakan kesempatan kita untuk curhat dan menyampaikan aspirasi mengenai program-program yang belum berhasil, agar supaya programtersebut bisa dikawal agar lebih cepat terealisasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD Kota Bogor Tauhid J yang turut hadir dalam kegiatan reses tersebut menekankan, agar para anggota dewan, khususnya anggota dewan dari Fraksi Golkar, untuk rajin bersilaturahmi dengan warga, karena reses adalah kesempatan formal yang dilakukan secara berkala, tentunya warga juga dapat menyampaikan aspirasi bukan hanya saat reses, akan tetapi juga saat anggota dewan ada di kantornya atau di partai atau bersilaturohmi di kediamannya masing masing.

“Pada intinya, manfaatkan silaturahmi yang dilakukan oleh para anggota dewan ini dapat membangun komunikasi dua arah, sehingga saya yakin tidak ada lagi komunikaai yang macet dalam membantu untuk ikut menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dan dirasakan warga,” tandasnya.

(Piya Hadi)

Komentar