Aspika Kembali Turun Ke Jalan, Aksi Bela Muslim Uighur

Berita, Pantura, Peristiwa279 Dilihat

INILAHONLINE.COM, KARAWANG

Ratusan orang melakukan iring iringan yang terdiri dari ormas Islam dan elemen masyarakat, bersama sama melakukan aksi Gerakan Umat Bela Uyghur, Mereka mendatangi kantor DPRD Karawang.

Massa peserta Aksi Peduli Muslim Uighur yang tergabung dalam Gerakan Umat Bela Muslim Uighur Karawang (GUBU) menggelar orasi sebagai bentuk kecaman terhadap perlakuan Pemerintah China terhadap muslim, khususnya etnis Uighur.

Massa memulai aksi pada pukul 13.30 WIB meskipun agak mendung, sedikitpun tak mengurangi semangat mereka untuk melakukan orasi di depan gedung DPRD Kabupaten Karawang, Kamis (26/122019).

Bukan hanya laki-laki, peserta aksi juga banyak diikuti oleh wanita dengan membawa bendera bertuliskan kalimat tauhid dan poster dukungan terhadap Muslim Uighur.

Salah satu orator, Abdulrahman mengatakan, aksi yang dilakukan merupakan kecaman atas tindakan tak berprikemanusiaan yang dilakukan Pemerintah Komunis China terhadap umat muslim etnis Uighur, sekaligus sebagai bentuk desakan agar Indonesia dan dunia bersikap atas kasus tersebut.

“Kita mengecam keras tindakan China terhadap muslim Uighur, ini fakta bukan hoaks, terbukti disana terjadi perampasan Hak Asasi Manusia,” ujar Abdulrahman yang sekaligus sebagai Panglima Brigade ASPIKA.

Dia menjelaskan, apa yang terjadi di Uighur merupakan tanggung jawab dunia untuk menuntaskan dan memberikan kebebasan terhadap muslim Uighur. Maka dari itu pihaknya membutuhkan kekuatan dunia agar China berhenti mengintimidasi saudara seimannya di Uighur.

“Kita tidak bisa diam, kondisi seperti ini bukan hanya saat ini terjadi. Ini kasus lama dan selalu terulang, bahkan banyak Negara yang malah mendukung China secara diam-diam dengan alasan settingan Amerika dan sebagainya,” tegasnya.

Menurut Abdulrahman, poin penting dari masalah ini adalah bagaimana kita menuntaskan masalah Uighur dengan serius dan aksi nyata yang dilakukan baik pemerintah maupun sukarelawan.

Sampai dengan berita ini diturunkan aksi masih berlangsung dan semakin sore para peserta aksi semakin ramai. Sesuai rencana massa aksi akan di temui Anggota Dewan Kab Karawang, dan terlihat saat ini perwakilan aksi memasuki gedung dewan untuk berdialog.

(Joen/To)

banner 521x10

Komentar