oleh

Asyik ke Museum Zaman Now, Minat Generasi Millennials Kunjungi Museum Ditingkatkan

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Minat generasi millennials mengunjungi museum bersih sarat nilai-nilai sejarah dan bukti-bukti eksistensi peradaban nenek moyang terus ditingkatkan oleh Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) Dewan Perwakilan Wilayah II bekerjasama dengan Komunitas Pecinta Museum Bogor.

“Berbicara tentang museum, kita pasti terbayang tempat yang menyeramkan, tempat barang-barang kuno, kusam, buruk yang tidak asyik untuk dikunjungi. Padahal di balik itu semua kita tidak sadar bahwa museum adalah tempat di mana kita dapat flashback dan mengetahui apa yang dilakukan oleh nenek moyang kita dahulu hingga sekarang,” ungkap Haidar Akmaludin, Koordinator HMPI DPW II ketika dikonfirmasi, Sabtu (12/10/2019).

Menurut Haidar, tidak banyak orang peduli terhadap sejarah kehidupan nenek moyangnya terutama asal-usul kehidupannya, karena terlalu asyik dengan kehidupan pribadi masing-masing. “Dengan acara yang berlangsung Jumat (11/10/2019) di Museum Nasional Alam Sejarah Indonesia (MUNASAIN) Kota Bogor ini kami berusaha meningkatkan minat kunjungan generasi millennials ke museum,” tandasnya.

Sementara itu, Pengurus Komunitas Pecinta Museum Bogor (KOMPEMOR), Arditya Rifdi Budiman menambahkan bahwa sebagai insan pariwisata kita perlu memiliki kepedulian terhadap museum dalam pembentukan karakter masyarakat agar menanamkan rasa cinta museum zaman now.

“Saya akan bekerjasama dengan pihak terkait lebih banyak lagi tahun depan agar minat generasi millennials kunjungi museum semakin meningkatkan,” tegasnya.

Di antara pihak terkait itu ialah HMPI. HMPI merupakan sebuah organisasi yang dibentuk dengan tujuan sebagai wadah bagi mahasiswa pariwisata untuk memberikan aspirasi dan kontribusi ke sektor pariwisata di Indonesia. HMPI terdiri dari 6 wilayah di seluruh Indonesia yang masing-masing diwakilkan oleh Dewan Perwakilan Wilayah I sampai dengan Dewan Perwakilan Wilayah VI. Dewan Perwakilan Wilayah II adalah dewan wilayah yang kewenangannya mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK) serta Bandung.

Pada kesempatan kunjungan museum itu, HMPI melibatkan 17 peserta didik dari SMK PGRI 3 Kota Bogor dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional 12 Oktober 2019.

(Cheyne Amandha Miranda)

Komentar