oleh

Dansektor 7 Gelar Sosialisasi Program Citarum Harum Di Desa Margahayu Selatan

INILAHONLINE.COM, KAB. BANDUNG

Sosialisasi Program Citarum Harum yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Margahayu Selatan Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, Di hadiri Warga Masyarakat Desa Margahayu Selatan yang Berjumlah sekitar 100 orang, Dansektor 7 Kolonel Kaveleri Purwadi, Danramil 0926/Margahayu Kapten Infantri Rd. Heri Supardan, Kepala Desa Margahayu Selatan H. Amin M. Barkah ST beserta para Kadus, para Rw/Rt.
Sosialisasi Program Citarum Harum yang dilakukan oleh Dansektor 7, bukan kali ini saja, tetapi sering dilakukan supaya masyarakat Desa Margahayu selatan untuk lebih paham dan mengerti arti dari menjaga lingkungan terutama permasalahan Sungai Citarum.

Dalam kesempatan kegiatan Sosialisasi, Dansektor 7, Kolonel Kaveleri Purwadi mengatakan, Tujuan Sosialisasi Program Citarum Harum untuk memberikan arahan, masukan, himbauan agar masyarakat mengerti dan paham pungsi dari, cicit sungai, cucu sungai, anak sumgai sampai pada sungai citarum, Sebab air adalah sumber kehidupan yang patut dipelihara dan dibersihkan serta di jaga oleh seluruh komponen masyarakat.

Karena air sebagai sumber kehidupan, Maka air sepantas dianggap sebagai penegakan kedaulatan sungai. karena hal itu sama dengan menegakan kedaulatan NKRI, Dan NKRI harus dijaga. Sebab Sungai Citarum bersih karena kita peduli, oleh karena itu mari kita jaga sungai Citarum dari sampah, limbah dan buang air besar.

Permasalahan sampah saat ini pun sangat ironis, Namun kalau kita menyikapinya dengan seksama, Bahwa sampah bisa menjadi berkah bukan musibah. Dengan cara membuat bank sampah dari tiap RT dan RW selanjutnya memilah dan memilih, mana yang organik atau pun non organik selanjutnya sampah yang non organik kita bisa dijual dan menghasilkan pendapatan untuk kebutuhan sehari hari dari sisi ekonomi, jadi tergantung kita yang mengolah dan memanfaatkannya.

Hal yang sama dikatakan oleh Danramil 0926/Margahayu Kapten Infantri Rd. Heri Supardan mengatakan, “Mari kita ciptakan wilayah Margahayu bebas dari sampah, limbah dan buang air besar, khususnys Desa Margahayu Selatan, Mulai biasakan dari diri kita, keluarga dan seluruh masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan. Sebab cicit sungai, cucu sungai, anak sungai dan sungai citarum, agar bersih, nyaman, indah dan hijau.”

Sementara itu Kepala Desa Margahayu Selatan H. Amin M. Barkah ST, mengucapkan terimakasih pada Dansektor 7, Kolonel Kaveleri Purwadi dan Danramil 0926/Margahayu yang tak henti – hentinya memberikan himbauan, arahan, masukan serta sosialisasi pada masyarakat Desa Margahayu Selatan, semoga dengan kemanunggalan TNI dengan masyarakat menjadikan kepedulian dan selalu menjaga lingkungan, khususnya sungai Citarum yang terbebas dari sampah, limbah dan Kotoran lainnya. 

(CJ/Roni)

Komentar