Awas ! Jakarta Terancam Banjir, Tinggi Muka Air Katulampa Tembus Siaga I

Megapolitan, Nasional451 Dilihat

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Intensitas hujan yang tinggi di wilayah hulu sungai Ciliwung l sejak Minggu (4/2/) malam hingga Senin (5/2), membuat tinggi muka air (TMA) Bendung Ciliwung Katulampa naik drastis menjadi 240 cm dengan kecepatan debit air 590 m2/detik atau kondisi siaga satu pada Senin (5/2/2018) pagi.

Kepala Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman seperti dilansir Pojoksatu mengatakan, kenaikan volume air terjadi secara bertahap dan masih bertahan di level Siaga satu. Terlebih curah hujan masih mengguyur wilayah Puncak Bogor dan sekitarnya.

“Pada pukul 07.25 WIB TMA melonjak naik hingga 130 cm, hingga pukul 08.30 WIB naik bertahap di angka 220 cm. Akhirnya pada pukul 09.05 WIB TMA tembus level 240 atau berstatus Siaga satu. Hujan masih mengguyur sehingga status Siaga 1 masih bartahan,” ujar Andi, Senin (5/2/2018).

Andi mengimbau agar warga yang berada di sekitar bantaran Sungai Ciliwung harus waspada dan hati-hati mengingat tingginya debit air saat ini.

“Hari-hati buat warga yang ada di bantaran sungai, ketinggian air pada tahap Siaga 1,” kata Andi.

Hal senada dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Ganjar Gunawan TMA Bendungan Katulampa sekarang di level 240 atau berstatus Siaga satu. Sementara curah hujan masih tetap mengguyur dan status Siaga 1 sampai sekarang masih bartahan.

Ganjar juga mengimbau bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran bantaran aliran Sungai Ciliwung di wilayah Kota Bogor dari mulai Katulampa, Sukasari, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Pabaton, Bantarjati, Kedung Badak hingga Kedung Halang agar waspada dengan meluapnya TMA Ciliwung.

“Saya juga sudah menginformasikan seluruh jajaran BPBD Kota Bogor agar bersiap dengan TMA Katulampa yang mencapai 240 cm,” tuturnya.

Menurut Ganjar, pihaknya sudah melakukan upaya dengan menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui Media Sosial, Twitter, WhatsApp, Instagram dan Website BPBD Kota Bogor.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah melakukan pemberitahuan informasi kepada Camat dan Lurah SeKota Bogor melalui Grup WhatsApp ‘Bogor Tangguh Bencana’.

Jembatan di Katulampa menuju Sukarja

“Saat ini kami juga sedang menunggu perkembangan dari petugas piket Bendung Katulampa. Apakah TMA sudah mengalami penurunan dari yang sebelumnya 240 cm (siaga satu),” kata Ganjar.

Curah hujan yang merata dengan isntensitas sedang baik di wilayah kawasan hulu sungai Ciliwung Kabupaten Bogor maupun Kota Bogor. Pihak BPBD DKI Jakarta telah menyebar informasi melalui Peringatan Dini Disaster Warning System (DWS), lintasan sungai Ciliwung sudah diaktifkan. (Mohammad Iqbal)

banner 521x10

Komentar