oleh

Bakamla RI Lakukan Pembinaan Relawan Penjaga Laut di Banyuwangi

INILAHONLINE.COM, BANYUWANGI — Kasubdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut (P2K2L) Bakamla RI Kolonel Bakamla Jarwadi, S.E., mewakili Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy Muchjidin Latief. S.IP., melaksanakan pembinaan 50 orang Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) di Banyuwangi, Kamis (2/9/2021).

Kegiatan pembinaan Rapala ini merupakan kegiatan rutin yang akan terus dilakukan Bakamla RI guna menambah pengetahuan dan keterampilan anggota Rapala yang telah terbentuk. Tidak hanya itu, keterampilan yang telah diperoleh oleh anggota Rapala, disalurkan juga kepada masyarakat pesisir lainnya di daerah Banyuwangi. Terlebih lagi dalam menanamkan pola pikir atas pentingnya kesadaran akan keselamatan saat melaut.

Dikatakannya, pembinaan Rapala ini dipandang penting mengingat 2/3 wilayah Indonesia adalah perairan, sehingga untuk menjaga keamanan dan kedaulatannya tidak dapat dijangkau hanya dengan mengandalkan aparat negara. “Pembinaan nelayan dan masyarakat pesisir perlu dilakukan, mengingat Bapak/Ibu disini termasuk garda terdepan perbatasan daratan dengan lautan”, ujar Kolonel Bakamla Jarwadi.

“Besar harapan kami, melalui kegiatan pembinaan ini dapat membentuk karakter dan menambah kemampuan untuk menunjang keselamatan diri maupun orang lain”, lanjutnya.

Lebih lanjut, di kegiatan pembinaan ini juga turut melakukan aksi sosial. Sejumlah paket sembako turut disampaikan kepada masyarakat di pesisir pantai, tepatnya di Desa Bengkak, Banyuwangi.

Kegiatan pembinaan yang telah berlangsung sejak kemarin, turut menghadirkan beberapa narasumber. Diantaranya Kapten Laut Rianto., S.H, dari Lanal Banyuwangi dengan materi Bela Negara. Dr. Rifqi Yudiar Abrori dari Dinas Kesehatan Banyuwangi dengan materi Protokol Kesehatan dalam Mengantisipasi Covid-19. Suryono Bintang Samudera dari Dinas Perikanan Banyuwangi yang memberikan materi tentang Peraturan Sosial Perikanan, dan juga Kasi Potkamla Mayor Bakamla Riandi Yudha Gunawan, S.IP., M.Han., dengan materi Sejarah dan Profil Bakamla RI.

Serius dengan pembekalan yang diberikan, perwakilan dari Dinas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Ir. Din Eka Pratiwi, turut didatangkan. Materi tentang Inovasi Usaha Kreatif Produk Olahan Hasil Laut disampaikannya dengan menarik. Tidak hanya itu, Kasi Binmasair dan Potdriga Polairud Banyuwangi Kompol Jeni Al Jauza, S.H., M.H. turut hadir dengan memberikan materi tentang Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Turut dihadiri pula perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Dinas Kesehatan Banyuwangi, Dinas Perikanan Banyuwangi, Koperasi & UMKM, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kodim Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, dan Polres Banyuwangi.

Di akhir acara, Kolonel Bakamla Jawardi memberikan life jacket kepada seluruh anggota Rapala Banyuwangi.(Badarudin)

Komentar