oleh

Basarnas Terjunkan Satu Helikopter untuk Mengawal Arus Mudik 2019

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Wilayah Jawa Tengah yang menjadi jalur penghubung dari arah barat sampai ke timur, siap menyambut para pemudik saat arus mudik Lebaran 2019. Hal tersebut disampaikan Kepala Basarnas RI Marsekal Madya TNI Bagus Piruhito saat berkunjung ke Kantor Basarnas Kota Semarang Ngaliyan Semarang, Kamis, (23/5/2019).

“Saya rasa Basarnas sudah siap dalam operasi SAR di mudik lebaran tahun ini. Tentunya, kita semua harapkan tidak ada operasi sar,” kata Bagus Piruhito.

Menurutnya, dalam persiapannya menyambut arus mudik, Basarnas menyiapkan titik-titik posko mudik yang disebar di Jawa Tengah. Pihaknya memastikan posko mudik dapat diakses pemudik secara gratis.

Posko mudik diantaranya, mulai dari exit Tol Brebes-exit Tol Pekalongan- exit Tol Ngaliyan Semarang- exit Tol Kankung- exit Tol Wanggon dan sepanjang jalan tol sebagian besar di Jawa Tengah.

“Untuk personil sendiri di Jawa Tengah disiapkan kurang lebih 130 personel. Kalau jumlah personel secara nasional kurang lebih 3500 orang dan tentunya dilengkapi beberapa perlengkapan. Kami juga siapkan satu halikopter untuk memantau lewat udara,” paparnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak TNI, Polri, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah dan lainnya dalam persiapannya menyambut pemudik yangmasuk ke Jawa Tengah. Pihaknya juga berharap, agar mudik 2019 kali ini semoga berjalan dengan aman dan lancar.

“Karena kurang lebih 40 persen orang akan mudik di Jawa Tengah. Kesiapan semuanya akan siap pada H-10 lebaran hingga H+ 10 lebaran sesuai dari himbauan kementrian perhubungan,” tukasnya.

(suparman)

Komentar