oleh

Baznas Kendal Raih Penghargaan Baznas Award 2019 Terbaik Kelola Kelembagaan

INILAHONLINE.COM, KENDAL

BAZNAS Kabupaten Kendal menerima penganugerahan “BAZNAS AWARD 2019” dalam Kategori Baznas Kabupaten/Kota, atas kemampuannya mengelola kelembagaan dengan baik. Pemberian anugerah Baznas Award 2019 tersebut digelar di Aula HM Rasyidi, Kemenag RI, Jln MH Thamrin No 6 Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019) lalu. Sebelumnya, Baznas Kendal telah menerapkan standar manajemen mutu ISO 9001:2015 dan mendapatkan sertifikat dari salah satu Badan Sertifikasi Internasional yaitu Worldwide Quality Assurance (WQA)Regional Asia Pasific pada 22 April 2019 lalu.

Dari 514 Baznas Kabupaten/Kota di Indonesia, Baznas Kendal dinyatakan memiliki Pengelolaan Kelembagaan Terbaik. Sebelumnya, penilaian penerima Baznas Award 2019, dengan tema “Zakat Tumbuh Bermanfaat” dilakukan oleh Dewan Juri berdasarkan Indeks Zakat Nasional (IZN) sejak tanggal 10 Juli sampai 08 Agustus 2019.

Ketua BAZNAS, Prof, DR Bambang Sudibyo, MBA, CA mengatakan terdapat 34 kategori penghargaan oleh Baznas. Metode pemilihan penerima penghargaan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif ditambah dengan unsur pertimbangan lain yang meyakinkan sehingga lebih obyektif.

“Dalam tahun ini Baznas kembali menganugerahi penghargaan kepada jajarannya, lembaga amil zakat, tokoh, kepala daerah dan media yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat. “Ini kami rangkai dalam Baznas Award agar semakin mendorong prestasi zakat nasional sehingga dapat memacu kebangkitan zakat di negeri ini,” kata dia.

Namun demikian pihaknya berharap, anugerah prestasi Baznas Award 2019 sekiranya dapat memotivasi kinerja pengelolaan zakat di berbagai lini. “Intinya mendorong motivasi kinerja pengelolaan zakat oleh semua kelembagaan zakat, tokoh pribadi dan pemangku kepentingan,” harapnya.

Sementara itu, Waka bidang Pengumpulan Baznas Kabupaten Kendal, Nunuk Sarah Zenubia, menyampaikan bahwa penghargaan ini sebenarnya melengkapi prestasi Baznas Kendal yang pada 29 Juli 2019 lalu telah menerima penghargaan BAZNAS Jateng Award 2019 untuk Kategori Pengelolan Aplikasi Simba Terbaik.

Untuk kriteria penilaian itu diantaranya meliputi adanya beberapa aturan dalam penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan dan penyusunan laporan, seperti Kompetensi SDM dan Peningkatan kualitas/standarisasi manajemen mutu pengelolaan.

“Semoga penghargaan ini akan semakin memacu kami untuk selalu meningkatkan kualitas layanan Baznas Kendal kepada semua pelanggan. Selain itu, juga meningkatnya trust dan loyalitas terhadap Muzaki di Kabupaten Kendal,” tandasnya.

(Suparman)

Komentar