oleh

Bencana alam di Kota Bogor tahun 2016 menurun

-Megapolitan-129 views

InilahOnline.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengakui, pada tahun 2016 terjadi penurunan hingga dua puluh lima persen bencana yang melanda kota Bogor Jawa Barat dibanding tahun 2015.

“Bencana seperti longsor, banjir lintasan, kebakaran, pohon tumbang, termasuk orang hanyut, mengalami penurunan di banding tahun 2015 lalu,” ujar Ganjar kepada InilahOnline.com, Senin (5/12/16), di kantornya Jl. Pajajaran No. 1, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor.

Kata Ganjar, jika dikalkulasikan, tahun ini, dari Jumlah kebakaran dua puluh sembilan kali, longsor enam puluh tujuh kali, Banjir dua puluh satu kali, banjir dikita ini bukan banjir genangan hanya banjir lintasan, Rumah roboh ada dua puluh lima kali, pohon tumbang ada dua puluh delapan kali, Orang hanyut ada tiga kali kejadian, kemudian korban meninggal itu ada tiga orang dari bencana yang di akibatkan oleh longsor satu orang, hanyut dua orang,” Jelasnya.

Terjadi penurunan dua puluh lima persen dari kejadian-kejadian di tahun lalu.

BPBD itu tambah Ganjar, bukan untuk mencegah bencana itu terjadi, tapi mengurangi resiko dan antisipasinya mengurangi jatuhnya korban, mengurangi kerusakan harta benda, ekonomi, termasuk kerusakan alam.

‘Bencana tidak bisa di cegah, tapi BPBD harus bisa mensosialisasikan kepada masyarakat supaya masyarakat antisipasi serta ikut andil dan peduli dalam penanggulangan bencana,” pungkasnya. (Nicko)

Komentar