oleh

Besok 20 Januari, KPUD Kota Bogor Secara Serentak Lakukan Coklit

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor akan meluncurkan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) pada besok 20 Januari 2018.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor Undang Suryatna mengatakan bahwa Coklit tersebut merupakan gerakan Coklit Nasional yang diadakan serentak di suluruh daerah yang melaksanakan pilkada serentak.

Kegiatan coklit pada hari pertama tersebut akan dilakukan secara serentak. Namun kegiatan coklit sendiri akan berlangsung selama sebulan hingga 18 Februari 2018.

“Mulai tanggal 20 januari besok, kita akan mengadakan Coklit dari rumah kerumah. Coklit dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Coklit ini sendiri diberi batas waktu sampai 18 februari 2018,” kata Undang Suryatna saat usai rapat koordinasi Coklit KPU, di Jalan Loader No 7 Baranangsiang Kota Bogor, Jumat (19/1/2018).

Undang menuturkan, coklit adalah mencocokkan identitas pemilih dengan data yang tertera pada DP4. Identitas yang dicocokkan seperti nama dan domisili yang bersangkutan dibuktikan dengan keterangan di Kartu Tanda Penduduk miliknya. Apabila ada perbedaan, petugas akan menyesuaikan dengan KTP-nya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor Undang Suryatna

Petugas coklit menurut Undang, akan mencoret nama-nama yang diketahui telah pindah domisili, meninggal dunia juga warga yang menjadi anggota kepolisian dan tentara. Sedangkan untuk nama yang tidak dikenal, petugas akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk didata ulang.

Undang menjelaskan, kegiatan coklit akan dilakukan oleh sebanyak 1.785 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan disebar keseluruh wilayah di Kota Bogor.

“Besok 20 Januari 2018 sampai dengan 18 Februari 2018, PPDP melaksanakan coklit di lapangan. Data sementara ada 733 ribu orang berdasarkan DP4, itu nanti akan dicoklit,” katanya. Sementara penetapan Daftar Pemilih Tetap dilakukan pada April 2018.

Petugas PPDP akan menggunakan seragam dan ID Card sehingga para petugas dengan leluasa akan mengunjungi rumah-rumah tanpa ada prasangka buruk.

“Dengan mengunakan seragam dan perlengkapan lengkap untuk menghindari prasangka buruk masyarakat kepada petugas PPDP yang akan datang secra door to door,” katanya.

“Besok tanggal 20 Januari 2018 pukul 7.30 WIB sebelum petugas PPDP melakukan coklit akan ada upacara pembukaan coklit terlebih dahulu di kantor KPU Kota Bogor,” tambahnya. (ian)

banner 521x10

Komentar