oleh

Bima Himbau Warga Waspada

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Puing-puing runtuhan tembok penahan di lapangan belakang SMA Negeri 2 Bogor yang jebol diterjang banjir bandang, dibersihkan para siswa, guru, warga dan juga Wali Kota Bogor Bima Arya Selasa (28/02/17) pagi.

“Saya sudah perintahkan Camat dan Lurah untuk membantu mengurusi korban jiwa hingga pemakaman dan bagi korban luka dibawa ke rumah sakit,” ujar Bima.

Bima memastikan, akan menelusuri penyebab terjadinya bencana ini, apakah karena efek pembangunan, saluran air yang buruk atau murni karena naiknya volume air. Perbaikan kerusakan akibat banjir juga akan segera dilakukan dengan memanfaatkan anggaran bencana tak terduga.

“Kami hitung dulu biaya kerusakannya nanti diusahakan di anggaran biaya tak terduga,” jelasnya.

Ia juga menghimbau seluruh warga Kota Bogor untuk selalu waspada ketika cuaca sedang ekstrem serta menghindari titik-titik bahaya. Seperti di tebing turab dan rumah yang posisinya rawan longsor. Tak hanya warga, bagi Camat dan Lurah juga diminta selalu siaga menanggapi bencana yang sedang melanda Kota Bogor.

“Saya mengapresiasi siswa dan guru SMA Negeri 2 yang gerak cepat dengan semangat dan solidaritas tinggi membersihkan puing-puing, walaupun ini bukan pekerjaan mudah, tetapi ini sangat membantu dan bisa menjadi contoh untuk daerah lain,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bogor, Surya Setiamulyana mengatakan, terdapat empat kelas yang terkena luapan air sungai. Oleh karena itu khusus hari itu para siswa diajak kerja bakti terlebih dahulu. Kegiatan belajar dilakukan pada siang hari. Kerja bakti disebar ke beberapa titik seperti lapangan parkir, kelas dan pembersihan saluran air.

“Ini baru pertama kali terjadi, kami akan melakukan antisipasi agar tidak kembali terjadi,” katanya.

Sementara itu, salah satu siswa yang ikut kerja bakti, Muhammad Abiyan mengatakan, saat kejadian ia masih berada di sekolah dan melihat kejadiannya secara langsung. Ia bersama teman-temannya ikut membantu membersihkan tembok reruntuhan yang berceceran di lapangan ke titik yang ditentukan.

“Sedih ada bencana ini dan kami juga turut berduka cita kepada korban jiwa,” katanya (humas:fla/adit/indra/hari)

Komentar