oleh

BJ Habibie Beri Kuliah Umum Budaya di UPI Bandung

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Presiden Republik Indonesia kelima BJ Habibie memberikan kuliah umum kepada mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Jawa barat, Sabtu (29/7/2017).

Dalam Kuliah umum yang bertajuk ‘Learn From The Leader’ tersebut, diusia yang ke 81 Habibie menyinggung mengenai budaya. Budaya merupakan alat pemersatu bangsa. Proses pembudayaan, secara terpadu menghasilkan produktivitas sekaligus mengasah kreativitas.

Maka dengan latar belakang tersebut, Habibie menjelaskan bahwa budaya memiliki peran penting dalam membangun SDM yang unggul dalam membangun bangsa Indonesia yang berkarakter.

“Budaya menjadi karakter bangsa yang bukan hanya sekadar dilihat dari pemahaman soal ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi juga karakternya,” kata Habibie pria yang pernah sekolah di Jerman ini.

Tidak hanya untuk melestarikan, tapi seni-budaya juga menjadi sarana edukasi, untuk meresapi setiap nilai dan karakter asli bangsa Indonesia

“Lihat orang Jawa Barat dan orang Jawa Timur perilakunya sangat berbeda padahal agamanya sama Islam juga. Nah, jadi perilaku lebih banyak ditentukan oleh budaya bukan agama,” ungkapnya.

Habibie berharap, para mahasiswa sebagai penerus bangsa ini agar lebih peduli dan menghargai budaya Indonesia yang begitu kaya akan keanekaragaman budaya, walau perkembangan teknologi begitu pesat dan tak bisa dihindari, kita harus tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya kita sendiri.

“Sebuah proses pembudayaan merupakan bagian terpadu dari sebuah proses untuk menjadikan manusia yang andal yang produktif dan kreatif ditentukan oleh prilakunya,” jelasnya. (Hilda)

Komentar