oleh

BPJS Kesehatan Kota Semarang Targetkan Peserta Jamkes 100 Persen Tahun 2018

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Kota Semarang menargetkan, seluruh penduduk Kota Semarang pada tahun 2018 sudah harus tercover program jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

”Meski sekarang ini jumlah penduduk Kota Semarang yang terdaftar sebagai peserta baru jaminan kesehatan baru tercapai 86,3 persen, diharapkan untuk tahun 2018 mendatang sudah mencapai 100 persen,”kata dr Bimantoro Kacab Utama BPJS Kesehatan Kota Semarang, Senin (3/7/2017).

Menurut dia, warga Kota Semarang yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan per Juni sebanyak 1.442.518 jiwa dari total 1.648.279 jumlah penduduk Kota Semarang. Oleh karena itu, agar target dapat tercapai BPJS Kesehatan membuat berbagai terobodsn, seperti dengan mempermudah prosedur pendaftaran. Salah satunya adalah dengan antrean elektronik.

”Kami punya dropbox dimana peserta baru melampirkan fotokopi E-KTP, KK, alamat rekening bank, selanjutnya masukan ke dropbox lewat antrean elektronik,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Tommy Y Said mengatakan, dari data yang ada khusus untuk masyarakat miskin di Kota Semarang sampai kini jumlahnya mencapai 367.848 jiwa. Namun yang sudah tercover BPJS Kesehatan sebanyak 321.969 jiwa.

”Bagi warga miskin Kota Semarang, gratis tidak bayar iuran BPJS Kesehatan, karena sudah ditanggung oleh pemerintah dari dana APBD danAPBN,”katanya.

Ditambahkan, untuk warga miskin kota Semarang kriterianya bisa dilihat dari kondisi rumahnya yang kurang layak, penghasilan dibawah UMR dengan menanggung beberapa orang, makan sehari dua kali dengan menu kurang bergizi hingga beli baju setahun sekali.

”Jadi pihaknya terus melakukan update jumlah penduduk miskin di kota Semarang setiap enam bulan sekali. Diharapkan jumlah penduduk miskin kota Semarang terus menurun setiap tahunnya,”ujarnya penuh optimis.(Suparman)

Komentar