oleh

Brimob Polda Jateng Gelar Latihan Penaggulangan dan Pencegahan COVID-19 Bersama BPBD Jateng

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Untuk mengantisipasi dampak virus corono covid-19 Satuan Brimob Polda Jawa Tengah, melaksanakan latihan penanggulangan dan pencegahan Covid-19, bertempat di Mako Brimob Srondol Semarang, Jawa Tengah, Rabu (18/3/2020).

Menurut Karoops Polda jateng Kombes Pol Rachmat Widodo, ratusan Personel Brimob Polda Jateng akan turut dikerahkan dalam menanggulangi penyebaran virus corona atau Covid-19. Mereka akan menyemprotkan disinfektan di tempat-tempat keramaian seperti pasar, sekolah, hingga gedung bioskop.

“Kami bersama BPBD Jateng akan memberikan penyemprotan disinfektan di tempat keramaian, di antaranya terminal, pasar, gedung bioskop, maupun tempat keramaian lainnya, termasuk tempat ibadah,” ucap Rachmat.

Untuk memberikan penyemprotan itu, lanjutnya, seperti hari ini personel Brimob beserta ratusan Polisi di jajaran Polda Jateng mendapatkan pelatihan terlebih dahulu. Mereka dilatih menggunakan Apalat Pelindung Diri (APD) termasuk penyemprotan cairan disinfektan,” pungkasnya.

“Jumlah peserta latihan hari ini sekitar 132 personel, belum termasuk panitia. Terdiri dari masing-masing Polres 3 orang ditambah dari Polda. Nanti kita harapkan para anggota yang terlatih ini akan memberikan pelatihan ulang di wilayah masing-masing,” jelas Karoops Polda Jateng.

Namun demikian, tambahnya, dalam pelaksanaannya di lapangan nanti, akan bergabung dengan petugas BPBD dan Dinas Kesehatan di setiap daerah, bersinergi memberikan penyemprotan maupun pelayanan kepada masyarakat.

”Dalam melaksanakan di lapangan nanti,kita akan bersinergi dan bersama-sama dengan BPBD untuk melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut,”paparnya.

Sementara itu, Kalakhar BPBD Jateng Sudaryanto menyampaikan apresiasinya kepada Polri khususnya Polda Jateng, karena BPBD merasa terbantu dalam pencegahan penyebaran Virus Corona.

“Kita harus bergerak cepat untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 ini. Jadi nanti kita bekerja sama saling mendukung antara TNI Polri baik dalam keamanan, pengamanan, maupun pelaksanaan di daerah,” ujar Sudaryanto.

(Suparman)

Komentar