oleh

Bupati Blora Jajal Motor Listrik Ramah Lingkungan “Si Gesit” Buatan PLN

INILAHONLINE.COM, BLORA — Jalan lingkar halaman rumah dinas Bupati Blora bak arena balap motor, Selasa (14/12/2021). Bukan adu kecepatan, namun adu kenyamanan berkendara. Pasalnya Bupati Blora Arief Rohman bersama jajaran Forkopimda sedang asik mencoba mengendarai (test drive) si Gesits, motor listrik buatan PLN.

Bupati menyampaikan, selama berkendara, tidak ada suara mesin yang terdengar. Bahkan, dirinya serasa melayang ketika menaiki si Gesits, saking halusnya.

“Halus sekali, nyaris tidak ada suara. Motor listrik buatan PLN ini memang menjadi inovasi moda transportasi ramah lingkungan yang tidak menggunakan bahan bakar minyak, sehingga tidak menghasilkan gas sisa. Selamat kepada PLN, semoga bisa dikembangkan,” ungkap bupati.

Menurutnya, inovasi motor listrik tersebut tentu akan sangat bermanfaat ke depannya. Akan menjadi alternatif, di mana sumber energi fosil berkurang dan bisa beralih ke energi listrik.

“Untuk kendaraan dinas, nanti kita menunggu regulasi dari pusat, apakah bisa untuk kendaraan dinas. Kalau memang memenuhi dan bisa, mungkin saja ke depan beralih ke motor listrik,” tuturnya.

Bupati berharap, PLN akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya, untuk desa-desa pelosok hutan yang belum teraliri listrik, dia berharap, bisa dibantu pembangunan jaringan listriknya oleh PLN.

“Kita ingin terus meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dengan PLN sebagai salah satu BUMN pemasok jaringan listrik. Salah satu kebutuhan dasar masyarakat di era digital seperti ini,” lanjutnya.

Selain itu, lanjut Arief, pihaknya meminta, agar PLN bisa memaksimalkan seluruh potensi dan inovasi yang ada untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pemadaman listrik yang kerap terjadi, diminta agar bisa diminimalisasi.

Manager PLN UP3 Kudus Darmadi mengatakan, keberadaan motor listrik Gesits ini sangat efektif dan efisien.

“Motor listrik ini, sehari bisa menempuh jarak 50 kilometer dengan kecepatan 70 km/jam dengan pengisian daya cukup cepat hanya dua jam, ” ucapnya.

Darmadi menyatakan, dirinya siap untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Terlebih, memang di Blora memiliki dari dua gardu induk PLN, yakni Blora dan Cepu.(Suparman)

Komentar