oleh

Bupati Bogor Resmikan Desa Wisata Cimandala Batulayang

INILAHONLINE.COM, CISARUA — Bupati Bogor, Ade Yasin meresmikan Desa Wisata Cimandala Batulayang, Kecamatan Cisarua, Rabu (26/1/2022). Peresmian desa wisata tersebut sebagai salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerja Bupati Bogor ke Kecamatan Cisarua.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, kita punya banyak sekali potensi, dari 435 desa dan kelurahan, sebagian besar desa bisa dikelola potensi pariwisatanya, maupun sumber potensi ekonomi lainnya. Salah satunya adalah Desa Wisata Cimandala Batulayang

“Kita harus lebih meningkatkan potensi ini tanpa merusak alam. Desa wisata ini tidak merusak alam, hanya ditata dan dikelola saja. Maka kita harus jaga dan rawat baik-baik, jangan membuang sampah sembarangan, selebihnya tetap jaga protokol kesehatan,” ujar Ade.

Ade Yasin menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan terus meningkatkan potensi itu, salah satunya dengan menyelenggarakan lomba desa wisata. Kita butuh kerjasama, tidak hanya dengan pihak desa, tapi juga dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Pengelolaan oleh BPD lebih baik daripada diserahkan ke swasta. Jadi bisa oleh BPD atau lembaga desa lainnya, karena itu berpengaruh pada pendapatan desa,” tambahnya.

Sebelumnya, Desa Wisata Cimandala Batulayang, Puncak, Cisarua ditunjuk sebagai desa wisata berkelanjutan dari 30 desa lainnya di Indonesia oleh Kementrian Pariwisata Kementerian pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa wisata berkelanjutan yang menjadi aset pariwisata Indonesia, yang mengangkat kearifan lokal dan keterlibatan masyarakat menggerakan bisnis pariwisata dalam satu paket sapta pesona.(Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar