oleh

Canangkan Kawasan Khusus, Babakan Pasar Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor rencananya akan dicanangkan sebagai kawasan khusus yang diyakini akan mengangkat Kota Bogor, khususnya sebagai destinasi wisata.

“Dalam level kota, kita ingin menjadikan Kelurahan Babakan Pasar sebagai kelurahan paling strategis dalam konteks wisata. Saat ini pemerintah punya program super prioritas, saya melihat wilayah ini harus dicanangkan jadi kawasan khusus yang nanti akan dikuatkan dengan regulasi wali kota, ada task force, pasukan khusus dan sebagainya. Jika tidak maka perencanaannya tidak jadi dan semua hanya parsial saja,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya saat Musrenbang Kelurahan Babakan Pasar di Vihara Maha Brahma Pan Kho Bio, Kota Bogor, Rabu (18/12/2019) siang.

Menurut Wali Kota selalu ada nilai strategis pada wilayah tertentu dan Babakan Pasar memiliki modal dan potensi, mulai dari akses, modal sosial yang tinggi, modal fisik, lanskap, kontur atau geografis. Semua dinas seharusnya bisa masuk dan intervensi.

“Semua bisa nyambung disini, kedepan semua harus dirancang. Yang diperlukan adalah perencanaan yang terintegrasi, sistematis dan terukur. Semua dinas harus fokus karena potensi PAD Kota Bogor akan sangat signifikan dari kawasan Babakan Pasar,” katanya.

Bima Arya menerangkan, jika tugasnya sebagai Wali Kota Bogor telah selesai nanti ia berharap Babakan Pasar memiliki desain fisik yang terintegrasi.

Di Musrenbang ini program yang diusulkan terbagi menjadi 3 kategori, yaitu program darurat, kebutuhan dasar masyarakat dan pengembangan. Khusus untuk kategori ketiga kata Wali Kota, tidak mungkin diprioritaskan jika tidak memiliki masterplan dengan mengedepankan keterlibatan elemen warga setempat.

“Semua dilakukan dengan menimbang untuk kepentingan dan harapan warga. Untuk tahun depan kawasan ini harusnya sudah berubah,” tegas Bima.

Lurah Babakan Pasar, Rena Da Frena menerangkan sejumlah program usulan warga Babakan Pasar untuk tahun 2021, diantaranya jembatan penghubung ke baranangsiang, penanggulangan bencana berupa longsor, pengelolaan sampah, saluran drainase, PJU dan sebagainya.

“Selain itu di Kelurahan babakan Pasar, ada program utama Kota Bogor, diantaranya naturalisasi atau penataan Sungai Ciliwung, pelebaran jembatan otista dan penataan kampung tematik,” kata Rena.

Sebelumnya, Bima Arya yang terlebih dahulu meresmikan Posyandu Mawar berlokasi di RT.04 RW.04 Kelurahan Babakan Pasar.

(Periksa Ginting)

Komentar