oleh

Clara Yatini : Indonesia Bakal Punya Obsevatorium Baru di Kupang-NTT

-Daerah-138 Dilihat

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Sebentar lagi Indonesia akan memiliki observatorium atau peneropongan bintang yang baru selain observatorium Boscha di Lembang yang sudah ada.

Menurut Kepala Pusat Science Antariksa LAPAN Clara Y. Yatini, observatorium baru itu dibangun di Gunung Timow Kabupaten Kupang, NTT.

“Sejak tahun 2016 sudah mulai dibangun, untuk melengkapi observatorium Boscha” katanya di Gedung Sate, di sela acara peringatan Hari Antariksa Nasional, Minggu malam (6/8/2017).

Baca Juga Obsevatorium Bosscha Sudah Menghawatirkan Akibat Polusi Cahaya

Clara beralasan dibangunnya observatorium baru itu karena observatorium Boscha sudah terganggu polusi cahaya yang cukup parah, sedangkan di NTT masih cukup bagus.

“Para peneliti di Boscha itu sudah sangat kesulitan melakukan pengamatan langit karena polusi cahaya di sekitar Lembang sudah sangat parah dan tak terhindarkan. Jadi Lapan memutuskan membangun yang baru” jelas Clara.

Clara juga menjelaskan, dalam peringatan hari Antariksa Nasional setiap 6 Agustus, pihaknya selalu mengkampanyekan kepada masyarakat tentang pentingnya pengamatan langit untuk pengetahuan masa lampau dan masa datang. (Hilda)

banner 521x10

Komentar