oleh

Kampanye Malam Langit Gelap Minimal Mengurangi Polusi Cahaya

-Daerah-167 Dilihat

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menghimbau agar mayarakat mengurangi polusi cahaya.

Kepala Pusat Saint Antariksa Lapan Clara Yatini mengatakan, polusi cahaya bisa mengurangi kualitas pandangan kita jika ingin melihat langit dengan baik termasuk meneliti galaxy Bima Sakti.

“Kalau banyak lampu, maka kita tidak bisa melihat bintang dengan jelas,”katanya kepada wartawan di Bandung, Minggu (6/8/2017) malam, saat acara Hari Antariksa Nasional yang bertempat di Halaman depan Gedung Sate Bandung.

Baca Juga Obsevatorium Bosscha Sudah Menghawatirkan Akibat Polusi Cahaya

Adanya kampanye Malam Langit Gelap ini diharapkan bisa mengurangi polusi cahaya minimal dilakukan selama satu jam pada Hari Peringatan Antariksa Nasional.

Carla menilai, polusi cahaya yang terjadi saat ini tidak begitu membahayakan hanya sebatas mengurangi kualitas pandangan kita ke langit.

“Mudah-mudahan bisa mengurangi polusi cahaya minimal satu jam dilakukan hari ini saja,”ujarnya.

Namun, bagi para peneliti astronomi, polusi cahaya ini sangat mengganggu untuk penelitian karena memerlukan kondisi langit yang bersih termasuk terhindar dari polusi cahaya.

“Apalagi para peneliti astronomi ini melakukan penelitian bintang-bintang yang jauh. Mereka membutuhkan kondisi langit yang bebas dari polusi cahaya,”pungkasnya. (Frida)

banner 521x10

Komentar