Dewi Pelangi Gelar Pentas Seni Sunda “Pasanggiri Jaipong” 2024

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Dewi Pelangi Hijab  Event Organizer (DPH-EO) menggelar event Pentas eni Sunda bertajuk “Pasasnggiri Jaipong”, di Vivo Mall, Sukaraja, Kabupaten Bogor

Acara kegiatan seni yang padat dengan jadwal susunan acara digelar dari pagi hingga sore itu,  berlansgung sangat meriah dan sukses serta kali pertama diselenggarakan oleh DPH-EO menampilkan pentas seni sunda dalam “Pasanggiri Jaipong”.

Event pentas seni sunda ini yang terbilang sukses, karena bukan hanya diikuti oleh 50 peserta dari Kabupaten dan Kota Bogor, namun juga diikuti oleh peserta dari Depok, Jawa Barat, yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Bogor, Yudi Santosa

“Saya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewi Pelangi sebagai founder dari Dewi Pelangi Hijab Community yang telah kreatif mengkolaborasikan antara bedah buku dengan pentas seni,” kata Yudi Santosa dalam sambutannya.

Menurut Yudi, kegiatan ini sangat menantang, karena DHP-EO mampu membuat kegiatan seperti ini khusus untuk diikuti oleh warganya di Kabupaten Bogor secara berkala selama satu tahun untuk meriah piala bergilir dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor.

” Acara ini sudah bagus tinggal dipoles saja untuk lebih matang dan dilakukan secara berkesinambungan,” ujarnya.

Usai kegiatan pentas seni, Dewi Pelangi mengungkapkan,  bahwa baru perdana mengadakan kegiatan dalam Seni tari Pasanggiri Jaipong, tapi sudah berhasil menggandeng beberapa sangar seni dan sekolah yang mengadakan ekstra kulikuler tari untuk mengikuti kompetisi Pasanggiri Tari Jaipong di awal tahun 2024. 

“Dari 50 orang peserta ada 13 orang yang berhasil meraih penghargaan sebagai pemenang dalam event ini. Juara utama mewakili Juara satu (1) kategori Amazing (SMA) berhasil diraih oleh: Dhita Anggraeni Putri dengan judul tari Leungiteun,” jelasnya 

Lebih lanjut Dewi menjelaskan, untuk Juara ke satu (1) dari tingkat Wonderful (SMP) berhasil diraih oleh Amanda Ratna Dewanty dengan judul tarian: Samping Batik. dan Juara kesatu (1) dari kategori Beautiful (SD) berhasil diraih oleh Nafeeza Arisqia Putri, judul tari: Sonteng. Adapun juara favorit berhasil diraih oleh Irda Nur Fitriyani judul tari : Rahyang.

“Pemenang utama dan pemenang favorit  mendapatkan uang tunai dan goodie bag senilai Rp. 2 juta,” ucapnya.

Lebih lanjut Dewi mengatakan, bahwa Juara kedua hingga juara berbakat dengan jumlah pemenang 10 orang diluar juara utama ini diacak dari keselurahan kategori. Adapun kriteria penilaian dewan juri diambil salah satunya dari Wirahma, Wirasa, Wiraga.  Dan berhijab menambah nilai poin penilaian dalam lomba ini.

“Baru perdana di Kabupaten Bogor ada event organizer yang berani memasukan kriteria berhijab pada lomba pentas seni,” tandasnya

Masih kata Dewi, namun demikian Dewi juga tetap menghormati bagi pemeluk agama lain yang ingin mengikuti kompetisi ini dan membuktikan meski dirinya syiar hijab, akan tetapi pihaknya tetap menjaga toleransi antar umat beragama.

“Sebab ada juga peserta yang non muslim berhasil meraih juara dalam kompetisi ini yaitu Maria Magdalena Siregar dengan judul tarian Rongeng,” imbuhnya.

Acara kegiatan pentas seni yang digelar DPH-EO ini mendapat sponsor dan didukung oleh: XL, Wardah, Stimuno, Cimory, Avail, BJB, Nochi Boutique, Oriflame, Yakult, dan BPRS Assalam.

“Selain itu kami juga merangkul bererapa media partners di antaranya, Radar Bogor, Inilah Online, Lentera, Media Kabar Publik News, Bogor Kami. Id, Halo Terkini.Com,” pungkasnya. (Ian Budi Lukito)

banner 521x10

Komentar