oleh

Dirbinmas Polda Metro Jaya Terjun Langsung Pantau Pos Kamling Sampai Ke Tingkat RT

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Dalam rangka untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di wilayah hukum Ibukota Jakarta, Dirbinmas Polda Metro Jaya terjun langsung untuk melakukan pemantauan ke sejumlah Pos Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) sampai ke tingkat RT dan RW, dimasa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Pasalnya, pelaksanaan Siskamling dimasyarakat ada yang ditiadakan untuk sementara waktu.

“Pelaksanaan giat pos kamling yang dilaksanakan oleh warga ditingkat paling bawah yaitu tingkat RT, merupakan sistim pengaman lingkungan yangg bersifat preemtif. Oleh karena itu, keberadaan pos kamling harus dikelola dengan baik dan benar sehingga keberadaannya dapat dirasakan oleh seluruh warga,” kata Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya SH.,MH saat terjun langsung pantau pos kamling RT. 01/ RW :01 Jalan Ciliwung Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji Kota Depok, Jumat (22/5/2020)

Menurut Badya Wijaya, fungsi teknis Binmas bekerja adalah dengan meletakkan pola kemitraan sebagai azas setiap kegiatan operasionalnya. Oleh karena itu wadah fungsi teknis Binmas Polri pada satuan kewilayahan (Polda dan Jajarannya) dinamakan “Binmas”. Adapun pengemban tugas “Binmas” bertugas menggugah perhatian masyarakat untuk menanamkan pengertian, sehingga melahirkan sikap penerimaan terhadap upaya-upaya Polri dalam pembinaan sistem keamanan dan ketertiban.

“Binmas Polri mendorong masyarakat, khusunya warga Ibukota Jakarta untuk sadar dan taat terhadap peraturan perundang-undangan serta norma-norma sosial yang hidup di masyarakat dan pada akhirnya masyarakat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan kamtibmas,” ujarnya.

Selain itu, Perwira menengah (Pamen) Polri berpangkat tiga bunga melati ini juga mengungkapkan, bahwa fungsi Binmas adalah sebagai alat pengendali, penggerak dan pemberdaya masyarakat dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketentraman warga masyarakat.

“Dalam kegiatan pemantauan awak (petugas) pos kamling yang mempunyai tujuan untuk mengantisipasi dan meningkatkan kewasdaan maayarakat seiring dengan meningkatnya angka Tindak Pidana selama pendemi Covid-19,” tandasnya.

Lebih lanjut, Dirbinmas Polda Metro Jaya menjelaskan, Dirbinmas Polri melaksanakan salah satu perintah Presiden untuk mengaktifkan kembali keberadaan keberadaan Poskamling sebagai bentuk sistim pengamanan swakarsa swakarsa, karena pos kamling adalah salah satu pilar dan miniatur Bhinneka Tunggal Eka yangg sangat penting tanpa mengenal latar belakang dan merupakan daya tangkal bagi ancaman kejahatan

“Keputusan yang telah diumumkan oleh pemerintah, bahwa Hari Raya Idul Fitri 1441 untuk tahuh 2020 in jatuh pada hari Minggu tanggal 24 Mei 2020 dan agar kita mengikuti dan memetahui anjuran dari Pemerintah. Apabila ragu-ragu silahkan tanya dengan ahli agama atau ustadz,” kata Badya Wijaya.

Menurut Kombes Pol Badya Wijaya, dengan adanya Covid-19 dampaknya sangat luar biasa terhadap Kamtibmas. Untuk itu, diperlukan sinergitas TNI dan Polri, karena kamtibmas tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak ada peran serta dari masyarakat. Dalam pelaksanaan Siskamling kita tetap melakukan sesuai SOP, yakni dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Yang dimaksud protokol kesehatan adalah, setiap warga wajib mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan tetap physical distancing atau menjaga jarak aman dengan orangg lain, agar tidak tertular virus corona. Adapun warga dengan status asimilasi agar dirangkul dan diberdayakan dengan baik. Semoga Pendemi Covid-19 ini cepat berlalu dan kita tetap semangat,” pungkasnya.

Dalam kegiatan yang dilakukan oleh Dirbinmas Polda Metro Jaya, yakni dengan melakukan pemantauan pos kamling dan mendapat respon positif warga masyarakat, khususnya sambutan baik dari ketua RT, sehingga dalam kegiatan pantau pos kamling yang dibuka oleh Kaposkamling ini, juga ada arahan dari Dirbinmas Polda Metro Jaya, Penyerahan bingkisan, hand sanitizer, masker, brosur himbauan dan disinfectan kepada petugas pos kamling dan dilanjutklan peninjauan pos kamling dan pembacaan doa oleh ustad

Pejabat kepolisian yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain adalah Dirbinmas PMJ, Kombes Pol. Badya Wijaya, S.H, M.H, Kasubdit Bin Polmas, Akbp Sri Wardiningsih, S.H, Kasat Binmas Polres Metro Depok, AKBP Nurhayati, Wakasat Binmas Polres Metro Depok, Kompol A Sosikun, Kapolsek Beji, Kompol Fatimah, SE, Kasi BinOrsosmas Subdit Polmas, Kompol Sulistio, Kanit Binmas Polsek Beji, Iptu Asman, Bhabinkamtibmas kelurahan Kemiri Muka, Aiptu Rajudin, Babinsa Kelurahan Kemiri Muka, Serma Suhana, anggota Binmas Polres Metro Depok dan anggota Polsek Beji, Kaposkamling RW. Matsuri, Ustadz Sanwari Ahmad Lc, Pokdarkamtibmas berjumlah 6 orang dan para awak (petugas) kamling berjumlah 10 orang. (Red/NP)

Komentar