oleh

Jelang Perayaan Lebaran, Elemen Muslim di Bali Menyambut dengan Berbagai Kegiatan

INILAHONLINE.COM, SINGARAJA-BALI

Ditengah pandemi covid-19 yang belum berakhir, tidak menyurutkan elemen muslim di Bali untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Adanya wabah covid-19 tidak membuat semangat berbagi dan uhkuwah umat muslim di Bali berkurang. Sebaliknya umat muslim di Bali menjadi lebih rekat dan tak terpisahkan dalam membantu sesama yang kekurangan.

Pada hari Jumat (22/5/2020) tiga elemen muslim yang terdiri dari Komunitas Biker Sholeh Bali, Muslim Biker Indonesia Chapter Bali, 7 Red Community,dan Go Shodaqah Singaraja menginisiasi melakukan pembagian paket sembako dan parcel hari raya lebaran untuk warga muslim yang berdampak ekonomi akibat covid-19 di Desa Bon Dalem,Tejakula dan Kota Singaraja Kabupaten Buleleng. Ada 150 paket sembako yang dibagikan bagi warga muslim disana. Ketua Kegiatan agenda sosial ini dikomandoi oleh Ustadz Jamal (Founder Biker Sholeh/Ketua Muslim Biker Indonesia Chapter Bali).

Agenda ini diikuti oleh puluhan relawa n dari empat komunitas muslim. Rombongan sebelum berangkat ke lokasi kegiatab melakukan shalat Qasar berjamaah di Masjid Ar Rahmat Jalan Raya Kuta pada pukul 12.30 wita. Dilanjutkan dengan apel di Kedai Kopi Zeen di Kawasan Pertokoan Central Parkir Kuta. Disana dilakukan doa bersama yang dipimpin Ustadz Ahmad Ketut supaya rombongan diberikan keselamatan saat perjalanan ke lokasi bakti sosial. Setibanya di lokasi kegiatab pada pukul 15.00 wita anggota tiga komunitas bertemu Usyadz Sinang dan Tim Go Shoadaqoh untuk selanjutnya melakukan pembagian ke warga disana.

Para anggota komunitas yang mengikuti agenda sosial ini pun wajib mengikuti aturan menggunakan masker kesehatan atau masker kain untuk menghindari wabah covid 19. Saat pembagian sembako dan parcel lebaran harus menggunakan sarung tangan. Hand sanitizer tak ketinggalan menjadi “senjata wajib” dalam rangkaian kegiatan bakti sosial.Tidak ada sesi bersalaman antara warga yang dibagikan sembako dan para anggota komunitas sebagai bentuk physsical distancing. Larangan merokok di area Masjid serta menjaga aklak dan adab menjadi keutamaan dalam kegiatan bakti sosial.

Ketua Biker Sholeh Bali yang ikut mengawal kegiatan bakti sosial yakni Dedy Eka Permana Ramadhan mewakili tiga komunitas yang melakukan pembagian sembako dan parcel lebaran berharap bantuan yang diberikan pihaknya bisa bermanfaat.

“Tujuan kegiatan ini adalah mengakiri ramadhan dengan kegiatan yang mendapat pahala berlimpah dan juga membantu saudara muslim kita yang kehilangan mata pencahariannya karena covid-19” ungkapnya.

Lanjut pemuda yang akrab disapa Dedy, “Harapannya tentu mencari ridha Allah swt di Bulan Ramadhan ini dengan memperbanyam ibadah dan kegiatan positif seperti baksos ini” jelasnya.

Dilain tempat ada beberapa elemen muslim yang menyambut kedatangan hari Raya Idul Fitri dan mengakhiri Bulan Suci Ramadhan.

Komunitas Semeton Hijrah Bali memasang spanduk merayakan Lebaran di 3 titik strategis di Kota Denpasar. Para anggota memasang spanduk pada malam hari Jumat (22/5/2020). Pemasangan spanduk ini merupakan bentuk doa dan semangat merayakan Lebaran meski hanya dilakukan di rumah saat pandemi covid-19. Pemasangan spanduk ini dikerjakan secara gotong-royong.

Sedangkan,Asosiasi Remaja Masjid Al Huda (Armada) Kediri Kabupaten Tabanan secara estafet dari tanggal 22-23 Mei melakukan agenda sosial yakni mendonasikan sumbangan uang tunai senilai Rp. 1.000.000 kepada Satgas (Satuan Tugas) Covid-19 di Banjar Taman Surodadi Desa Abiantuwung ,Kabupaten Tabanan. Agenda kedua ARMADA memberikan Sumbangan berupa sembako kepada Anggota ARMADA yang membutuhkan (Yatim/Piatu, Duafa dan Korban PHK ).

(Herdian Armandhani)

Komentar