oleh

Diskarpus Kota Bogor Bersama Alumni IPB-32 Gelar Story Telling di Rusunawa Menteng Asri

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Story Telling adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada pendengar, baik dalam bentuk kata-kata, gambar, foto maupun suara. Story Telling sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak, tehnik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengarkan secara menyenangkan.

Dalam rangka menumbuhkembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media, untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa melalui dongeng, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bogor bersama Alumni IPB-32 mengadakan acara Story Telling (mendongeng) di Rusunawa Menteng Asri, Kelurahan Menteng, Bogor Barat, Kota Bogor diikuti Ibu-ibu dan 50 anak-anak yang ada di lingkungan Rusunawa Menteng Asri. Dengan pendongeng Kang Didin dan Mas Karyo artis sinetron suami-suami takut istri, Rabu (4/11/2020).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Bogor, Agung Prihanto, saat membuka kegiatan Story Telling mengatakan, di jaman digital saat ini, minat baca anak-anak sangat berkurang, apalagi saat ini semua belajar lewat daring, karena itu Dinas kearsipan perpustakaan kota Bogor, mencoba meningkatkan minat baca dijaman era digital ini.

“Kegiatan mendongeng ini akan dilanjutkan dengan lomba menulis cerita,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kadiskarpus pun menyampaikan rasa terima kasih pada Alumni IPB-32 yang aktip terus menyelenggarakan kegiatan meningkatkan minat baca bagi Masyarakat, khusunya masyarakat Kota Bogor.

“Saya mengapresiasi Kegiatan Story Telling di Rusunawa Menteng Asri, untuk masyarakat Rusunawa agar tetap minat baca masyarakat meningkat. Kita tetap menjaga protokol kesehatan dengan pake masker,” katanya.

Sementara itu, Camat Bogor Barat Rr. Juniarti Estiningsih mengatakan, kegiatan Story Telling dapat meningkatkan kemampuan baca. Program ini merupakan terobosan inovatif yang bisa dilakukan di tempat lain. Membaca, kata Esti, merupakan cara untuk membuka jendela dunia. Selain memperkaya wawasan dan melatih daya nalar, kebiasaan membaca juga diharapkan bisa ditularkan kepada anak-anak lain.

“Saya senang kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, semoga kegiatan ini dapat memacu minat baca bagi warga Bogor Barat. Pedemik tidak jadi halangan untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat,” tandas Esti.

Acara tersebut turut dimeriahkan oleh Pendekar Dongeng Indonesia, Rohidin atau akrab disapa Kang Didin dan mas Karyo artis sinetron suami-suami takut istri. (ian Lukito)

Komentar