oleh

Refocusing Anggaran RAPBD 2021, Sekdakot Bogor : Dinkes Prioritas

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menjadi salah satu institusi yang menjadi prioritas alokasi anggaran dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2021.

Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati menjelaskan, akan ada refocusing anggaran, karena dari awal tidak merencanakan Covid-19 makanya akan dilaksanakan di tahun 2021.
Ini kan kita sudah tau kondisi Covid-19 sehingga agar tidak terjadi refocusing sudah arahkan Dinkes dalam pembelian obat peralatan dan sebagainya itu diperuntukan untuk Covid-19. Itu dilakukan agar tidak ada refocusing lagi.

“Karena untuk kami refocusing itu jadi ngacak-ngacaklah istilahnya dari yang sudah kami susun, sekarang sudah mulai Dinkes, rumah sakit itu pola pembelian obat dan sebagainya sementara ini untuk penanganan Covid-19. Iya Dinkes kami selalu prioritas anggaran besar karena memang harus lebih dari 10 persen juga Disdik harus lebih dari 20 persen kemudian PUPR karena ada infraatruktur yang harus kami pelihara kan,” jelasnya.

Syarifah mengakui, bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih turun, jadi walaupun sekarang sudah melakukan relaksasi tapi masih berpengaruh terhadap pendapatan. Hasilnya pendapatan APBD masih turun pendapatan belanjanya, masih turun dibanding tahun lalu mudah mudahan tahun 2022 bisa meningkat kembali.

Komentar