oleh

Distan Kota Bogor Meriahkan Florikultura Indonesia 2017

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Mengusung konsep ciri khas Kota Bogor yakni Uncal, Dinas Pertanian (Distan) Kota Bogor turut berpartisipasi dalam kegiatan pawai kendaraan hias Florikul-tura Indonesia 2017. Menggunakan bahan dari berbagai jenis daun, tim dari Distan menyulap kendaraan menjadi seekor Uncal yang sedang berdiri dan disekelilingnya dipenuhi aneka jenis bunga.

Sekretaris Distan Kota Bogor Lusi Anggelia menjelaskan, kegiatan ini bukan untuk yang pertama kalinya diikuti. Setiap tahun Distan Kota Bogor selalu ikut ambil bagian dalam kegiatan Florikul-tura yang digelar IPB. Tahun ini pun pihaknya ikut berpartisipasi mulai dari kegiatan di Lapangan Banteng Jakarta hingga pawai mobil hias di Bogor.

“Khusus untuk pawai tahun ini kami ingin menampilkan ciri khas yang identik dengan Kota Bogor yaitu Uncal atau Kijang,” ujar Lusi saat ditemui di sela-sela kegiatan pawai mobil hias di jalan Prof. Andi Hakim Nasoetion di samping Kampus IPB Baranangsiang Bogor, Minggu (30/7/2017).

Lusi menambahkan, bahan-bahan yang digunakan untuk mobil hias ini antara lain, bunga Chrysant, Filodendrom, bunga dan daun potong yang banyak dan tumbuh disekitar pemukiman. Bunga dan daun ini berasal dari partisipasi dari kelompok-kelompok tanaman hias di Kota Bogor. Mobil hias ini dikerjakan dalam waktu 3 hari dengan melibatkan 10 orang.

“Selain mobil hias kami juga menyertakan tim penggembira yang menggunakan pakaian motif aneka bunga,” tambahnya.

Lusi berharap, kegiatan Florikultura ini dapat membangkitkan kembali petani-petani tanaman hias, terutama yang ada di Kota Bogor. “Semoga mereka lebih semangat dalam menanam bunga walaupun di lahan yang sempit atau pekarangan rumah. Bunga itu tidak saja indah tetapi juga bisa menghasilkan nilai ekonomi,” sebutnya. (Iqbal)

Komentar