Ditlantas Polda Metro Jaya Gelar Milineal Road Safety Festival di Ukrida

Berita, DKI Jakarta563 Dilihat

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan sosialisasi Milineal Road Safety Festival, di Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), Jakarta Barat, Senin (28/1). Kegiatan ini agar generasi milineal bisa lebih mengetahui cara berkendara yang aman.

Dirlantas Polda Metro Jakarta, Kombes Pol Yusuf mengatakan, mahasiswa merupakan kaum milenial yang bisa menjadi pionir dalam keselamatan berlalu lintas. Selain itu masih banyak kaum milenial yang tidak memenuhi syarat berkendara, seperti belum adanya surat izin mengemudi (SIM).

“Penyebab lakalantas, salah satunya pengemudi tidak memiliki SIM. Saat akan membuat SIM, warga akan mengikuti ujian kompetensi mengenai peraturan berlalulintas dengan baik dan benar,” ujarnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya dan Kadis Perhubungan DKI Jakarta

Sementara Kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko menambahkan, kaum milineal harus dapat menjadi motor penggerak keselamatan berlalu lintas, khususnya di Jakarta.

“Tertib tertib lalu linta memang harus dimulai juga dari kaum milineal, karena menjadi motor negara ini, sangat relevan. Dampaknya bisa lebih panjang,” ucapnya.

Kondisi perekonomian yang terus meningkat, lanjutnya, memicu masyarat untuk membeli rumah dan kendaraan. Sementara di Jakarta sendiri rasio pertumbuhan jalan per tahun hanya 0,01 persen.

“Ini diperparah dengan budaya berkendara sebagian masyarakat yang tidak patuh aturan, menggunakan gadget saat mengemudi dan parkir liar. Kondisi itu memperburuk kualitas lalu lintas di Jakarta,” tandasnya.

Dalam kuliah umum yang dihadiri ratusan mahasiswa itu, Yusuf juga menampilkan gambar dan video CCTV para pelanggar lalu lintas yang terjaring Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik, di Jalan Jendral Sudirman dan MH Thamrin.

Sosialisasi Milineal Road Safety Festival 2019 akan terus dilakukan di universitas-universitas di wilayah DKI Jakarta sampai 31 Marer 2019.

Diakhir acara Milineal Road Safety Festival, mahasiswa Ukrida membacakan Deklarasi Mahasiswa yang pada point ke 3 berbunyi ‘Siap menjadi pelopor keselamatan berlalulintas’.

(Badar)

banner 521x10

Komentar