oleh

Edwin Sumarga ajak lestarikan budaya sunda

-Gaya Hidup, Seni Budaya-148 Dilihat

Cibinong – Semakin kuatnya pengaruh budaya luar di masyarakat, yang berimbas pada terkikisnya budaya lokal, membuat kekhawatiran salah satu anggota DPRD Kab. Bogor, Edwin Sumarga.

“Terkikisnya budaya lokal, khususnya budaya Sunda akibat kuatnya pengaruh budaya luar baik budaya barat mau pun timur, hendaknya menjadi perhatian kita bersama. Kalau bukan masyarakat Bogor itu sendiri yang menjaga dan menghidupkan kembali budaya Sunda Bogor siapa lagi, jangan sampai anak cucu kita kelak hanya tau budaya Sunda dari buku sejarah saja,” ujar Edwin.

Budaya Sunda, kata Edwin, jangan sampai tergeser oleh pengaruh budaya luar yang semakin lama semakin mengkhawatirkan. Karena itu, perlu adanya peraturan berupa perda khusus tentang pelestarian budaya Sunda.

“Sebelum perda itu ada, tentunya harus kita mulai terlebih dahulu menghidupkan budaya Sunda itu di tengah masyarakat, baik melalui kegiatan Rebo Nyunda mau pun kegiatan-kegiatan lain di tengah masyarakat langsung,” kata Edwin.

Rebo Nyunda kalau bisa, harap Edwin, bukan hanya di kalangan pejabat saja, tapi juga oleh masyarakat, “kita harus menumbuhkan nilai-nilai bangga dengan budaya kita sendiri,” pungkasnya. (Zack)

banner 521x10

Komentar