oleh

Pemkab Bogor Berikan Hunian Permanen Pada Korban Bencana di Kp. Sirnagalih

-Megapolitan-156 Dilihat

Cigudeg – Sebanyak 84 unit rumah masyarakat Kp. Sirnagalih Desa Sukaraksa Kecamatan Cigudeg yang terkena bencana longsor dan pergesaran tanah pada tahun 2011 dan tahun 2012,akhirnya memiliki hunian permanen yang dinamai Kp. Sukamulya setelah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, penyerahan akte tanah kepada para korban longsor dan pergeseran tanah tersebut diserahkan oleh Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti, pada selasa (20/9).

Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti bercerita bahwa pemberian bantuan bagi korban longsor dan pengesaran tanah di Kp. Sirnagalih Desa Sukaraksa Kecamatan Cigudeg sebelum melakukan tindakan meminta pendapat dari Kajari Cibinong terkait pendanaaan agar tidak salah dalam implementasinya di lapangan dan tidak tersandung oleh masalah hukum.

“Saran dari Kajari Cibinong saya jalankan pada tahun 2015, sehingga masyarakat yang sebelum nya menempati hunian sementara,sekarang sudah memiliki hunian yang permanen yang representatif,”ujarnya.

Selain itu, Bupati Bogor pun berjanji untuk menambah Penerangan Jalan Umum (PJU) di sekitaran kampung baru tersebut dan juga intensitas dari puskesmas keliling pun akan sering mengunjungi warga Desa Sukaraksa terutama Kp. Sukamulya sehingga kesehatan masyarakat tetap terjaga, karena jarak dengan Puskesmas di Kecamatan Cigudeg cukup apalagi menuju RSUD Leuwiliang,maka butuh penanganan ekstra terhadap masalah ini.

“Saya minta kepala ESDM Kab Bogor untuk menambah sejumlah PJU sepanjang Kp. Sukamulya dan Kepala UPT Kesehatan pun harus sering meminta kepada para staff untuk sering melihat kondisi kesehatan masyarakat disini, Kepala Desa juga harus proaktif untuk memperbaiki jalan menuju kampung tersebut dengan mengunakan Alokasi Dana Desa (ADD)”tegasnya.

Namun di samping itu, Nurhayanti juga berpesan agar masyarakat tetap melakukan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan dan sering membersihkan rumah agar para penghuni tidak terjangkit oleh bermacam penyakit.
Dalam kesempatan tersebut  Acep Sajidin yang merupakan Camat Cigudeg melaporkan jumlah total rumah terkena bencana 84 Unit dan tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Bogor melalui kegiatan BPBD membuat Hunian Sementara (Huntara), pelaksanaan pembangunan rumah yang diawali dengan penyiapan tanah pada bulan mei 2016 yang pembuatan akte nya dibantu secara gratis dan di lanjutkan oleh pembangunan hunia tetap yang selesai pada awal September 2016. (Tjr)

banner 521x10

Komentar