oleh

Era Pendemi Covid-19 Wisata Alami Perubahan Rombongan Ke Wisata Keluarga

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Pariwisata di era pandemi Covid -19, mengalami perubahan signifikan. Jika dulu berwisata dengan jumlah besar (rombongan), maka sekarang ini dalam kelompok kecil (keluarga), tapi membawa dampak ekonomi besar.

“Mari membangun komitmen yang jelas, dan tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepemdaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, pada Bintek Program CHSE Komunitas Transportasi Wisata Kabupaten Magelang, di Hotel Artos, Kamis (3/12-2020).

Menurut Iwan, peran pemangku kepentingan dalam penerapan Cleanliness Health Safety dan Environment Sustainability (CHSE) pariwisata sangat penting. Karena pariwisata di era pandemi Covid -19 berubah, maka kebersihan, kesehatan, keamanan dan keberlanjutan, harus benar-benar diterapkan, karena antara satu dengan yang lain saling berhubungan.

“Pelaku wisata harus tertib dan konsisten. Disiplin itu sangat penting, sebab kalau tidak disiplin, ya tidak akan berdampak,” pintanya.

Untuk itu, pelaku wisata di sektor transportasi, terutama pengelola kendaraan VW, Jeep dan lainnya, tetap menerapkan protokol kesehatan, jangan hanya menjadi seremoni saja, tetapi harus benar-benar diterapkan sesuai ketentuan protokol kesehatan.

“Promosi positif terhadap pelaksanaan CHSE ke masyarakat, agar wisatawan yang datang ke Magelang lebih mantap dan senang. Karena di era Covid, wisatawan lebih memilih aman, nyaman dan sehat,” jelas Iwan.

Dikatakan, saat ini wisatawan atau bepergiaan dalam jumlah besar, justru malah takut, sehingga berwisata dilakukan dalam kelompok kecil, yakni keluarga. “Ini peluang bagi pelaku wisata Magelang untuk bersinergi menumbuhkan bersama komitmen untuk tetap tertib,” ujarnya. (Ali Subchi)

Komentar