oleh

Ganjar Kaget Pasar Kroya 30 Tahun Tanpa Pemeliharaan

INILAHONLINE.COM, CILACAP – Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mampir di Pasar Kroya Cilacap, Selasa (27/3) malam. Ia ngobrol dengan pedagang di emperan lantai 2 pasar tersebut.

Berbagai persoalan disampaikan pedagang dalam obrolan sembari lesehan tersebut. Ganjar nampak kaget ketika mendapati pasar tersebut sudah 30 tahun tidak ada perbaikan berarti.

Para pedagang mengeluhkan kondisi pasar yang sudah rusak di berbagai bagian. Atap bocor sudah menjadi pemandangan biasa. Instalasi listrik yang sudah lama tidak diperbaharui juga dikhawatirkan akan mengakibatkan kebakaran jika terjadi korsleting.

Perwakilan paguyuban, Bakir mengatakan pihaknya merupakan paguyuban mandiri. Selama ini untuk pemeliharaan pasar menggunakan dana swadaya.

Dia berujar Pasar Kroya dikelola pihak investor. Perparkiran dikelola oleh pihak ketiga, berdasar hasil lelang dari Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap.

Bakir usul agar Ganjar memperjuangkan lahan perparkiran pasar itu dialihkan ke paguyuban.

“Untuk modal kami. Dulu kami sudah memperbaiki jalan depan itu sampai habis Rp 300 juta. Ini kami tak ada dana, semoga parkir sini nanti dapat kami kelola, untuk selanjutnya perawatan pasar,” imbuh Bakir.

Ganjar berjanji akan menyampaikan kepada Pemkab dan DPRD Cilacap. Pasalnya pasar tersebut rupanya dibangun dan dikelola pihak swasta. Pemkab tidak bisa memperbaiki karena di luar kewenangan.

“Nanti saya laporkan DPRD, biar dipanggil pengelolanya, apakah benar ada pembiaran dan bagaimana solusinya,” katanya.

Ganjar menilai pasar tersebut sudah seharusnya diperbaiki. Pengelolaan juga harus dibenahi agar kebersihan pasar lebih terjaga.

“Sampahnya banyak dan kotor sekali, apa tidak ada petugasnya ya. Pasar harus bersih sehingga pembeli nyaman belanja,” kata Ganjar.

Selain soal pasar, keluhan lain misalnya perbaikan jalan Kroya, fasilitas pinjaman bunga rendah, dan lainnya.

Ganjar masih berada di Cilacap hingga Rabu besok. Malam ini ia menginap di salah satu rumah warga desa di Kroya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar