Gedung Lippo Mall Plaza Ekalosari Kebakaran, Damkar Kota Bogor Lakukan Penyelamatan

15/09/2018 22:33:17 Kategori:

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Kepulan asap membumbung tinggi diatas gedung Lippo Mall Plaza Ekalokasari Bogor. Para pengunjung mall terlihat berhamburan untuk menyelamatkan diri. Sementara security bergegas menyelamatkan dokumen-dokumen penting di lantai paling atas.

Beberapa korban pun terlihat digotong menggunakan tandu yang sudah tersedia. Kemudian petugas pemadam kebakaran bergegas mengambil selang pemadam dan langsung menyemprotkan ke arah gedung yang terbakar, hingga akhirnya api pun berhasil dipadamkan.

Apa yang diperagakan petugas pemadam kebakaran itu hanyalah sebuah simulasi penyelamatan kebakaran yang terjadi di gedung Lippo Mall Plaza Ekalokasari Bogor, yang berada di Jalan Siliwangi, Sukasari, Kota Bogor.

Kabid pemadam kebakaran Marse Hendra Saputra sebelum kegiatan dimulai mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan suatu pelatihan terhadap karyawan, security dan pengelola gedung yang ada di Lippo Mall Plaza Ekalokasari Bogor dalam menangani peristiwa kebakaran.

"Tujuannya adalah agar karyawan dan pengelola gedung tersebut dapat mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran di gedung tersebut," kata Marse pada wartawan, Kamis (12/09).

Marse menjelaskan, karyawan dan pengelola harus memperhatikan kemampuan dan pengetahuannya, mereka juga harus tahu peralatan proteksi kebakaran apa saja yang ada di gedung tersebut. "Kami disini bertugas untuk memastikan apakah peralatan tersebut berfungsi dengan baik atau tidak," jelas Marse.

Masih kata Marse, proses manajemen keselamatan kebakaran gedung juga kami ajarkan, terkait prosedur apabila terjadi kebakaran di gedung tersebut, mulai dari melihat awal kebakaran, mengatasi sendiri, mengevakuasi pengunjung sampai dengan menghubungi damkar setempat.

"Semuanya materi ini sangat penting bagi seluruh karyawan disini, apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran," pungkas Marse.

Kegiatan pelatihan dan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran dan evakuasi gedung tinggi dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 12-13 September 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 100 peserta.

Pelatihan simulasi penanggulangan bahaya kebakaran dan penyelamatan, selain karyawan, security dan pengelola gedung Lippo Mall plaza Ekalokasari Bogor, pihak pemadam kebakaran juga menggandeng tim penyelamat dari Satpol PP Kota Bogor.

(ian Lukito)