oleh

Gerindra, Koalisi Besar untuk Bisa Mengalahkan PDIP dalam Pilgub Mendatang

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Meski masih satu tahun pelaksanaan Pilkada Jawa Tengah, koalisi besar sudah mulai dilakukan oleh Partai Gerindra Jateng. Setidaknya sudah ada sejumlah partai politik yang mengerucut yaitu PKS, PAN, PKB, Demokrat dan Golkar.

”Dari koalisi besar ini diharapkan jika sepakat akan menjadi koalisi, sehingga bisa duel ”head to head” dengan PDIP di Pilgub mendatang,” kata Ketua Desk Pilkada Gerindra Jateng Sriyanto Saputro kepada awak media di Semarang, Minggu (27/8)

Menurut dia, langkah politik yang dilakukan pihaknya tidak ingin menunggu PDIP yang kini sedang proses penjaringan bakal calon. Namun dalam melakukan koalisi besar tidak harus menunggu siapa nama yang direkomendasikan PDIP. ”Tidak harus menunggu last minute di PDIP,” tegasnya.

DPD Gerindra Jateng, lanjut Sriyanto, telah menentukan tiga nama yang digadang-gadang bakal maju meramaikan bursa Pilgub Jateng 2018 mendatang. Mereka adalah Ketua DPD Gerindra Abdul Wahid, Wakil Ketua DPP Gerindra Ferry Juliantoro, serta mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

”Selain tiga nama tersebut ada sejumlah nama laian yang masuk dalam radar partai,” ujarnya.
Dijelaskan, ketiga nama yang ditunjuk oleh DPP Gerindra diminta untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh warga Jateng, dengan harapan pada hasil survey yang saat ini dilakukan popularitas sudah tinggi.

”Dari hasil survey itu akan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan DPP untukmenentukan rekomendasi,” katanya.

Namun demikian lanjut Sriyanto, partainya masih terus melakukan komunikasi dengan parpol lain demi menjalin koalisi. Apalagi Gerindra belum mencukupi untuk mengusung calon sendiri.

”Gerindra terus membuka diri untuk melakukan koalisi dengan parpol lain,”paparnya.
Sementara itu Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantoro mengatakan, pihaknya serius untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jateng 2018. Sebagai bentuk keseriusannya telah menggandeng politik lain untuk bisa bekerjasama dalam koalisi.

”Sebagai wujud keseriusannya saya terus melakukan sosialisasi dan termasuk mendatangi parpol-parpol lain. Salah satunya adalah Partai Perindo Jateng untuk melakukan silaturrahmi,” katanya.
Menurutnya, dalam menjalin silaturrahmi yang disambut oleh jajaran pengurus Perindo Jateng sampai pengurus kabupaten/kota se-Jateng.Dengan demikian saya merasa dapat penghormatan dari keluarga besar Perindo.

”Perindo merupakan partai sahabat Gerindra yang selama ini selalu bekerja bersama mulai gelaran Pilpres 2014,” ujarnya.

Disisnggung tentang isu yang berkembang adanya gerakan koalisi besar untuk menciptakan head to head melawan dominasi parpol terbesar di jateng, Ferry sepakat dengan hal tersebut. Saya setuju dengan pendapat head to head dan koalisi besar.

”Saya mengajak parpol lainnya untuk menghadapi lawan yang kuat sehingga butuh kekuatan besar,” tegasnya. (Suparman)

Komentar