Gubernur Jabar Berharap Tahun 2018 Jamaah Haji Berangkat dari BIJB Kertajati

Daerah, Nasional381 Dilihat

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) berharap Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bisa beroperasi pada 2018 mendatang. Bahkan Aher, bercita-cita pada musim haji 2018 nanti, jamaah haji asal Jabar sudah bisa berangkat dari Bandara Kertajati.

“BIJB Kertajati ada komitmen kuat dari pusat dari provinsi dan dari semua stakeholder untuk segera menyelesaikan tepat waktu. Jika berjalan lancar, Insya Alloh tahun 2018 bandara selesai sepenuhnya dan bukan hanya digunakan penerbangan reguler tetapi juga menjadi embarkasi haji,” kata Aher di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (5/9/2017).

Menurut Aher, Bandara Kertajati memang dipersiapkan sebagai salah satu bandara terbesar di Indonesia. Ini sebagai pemenuhan kebutuhan transportasi udara warga Jawa Barat baik dalam maupun luar negeri.

Dalam pertemuan khusus dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu menurut Aher, Luhut juga menyampaikan tentang rencana menambah panjang runway atau landasan pacu BIJB yang mengharuskan pembebasan lahan sepanjang 300 meter.

“Itu tambahan dan Insya Alloh siap kita bebaskan lahan sepanjang 300 meter sebagai penambahan panjang runway hingga nantinya total panjangnya lebih dari tiga ribu meter” jelasnya.

Aher menambahkan, rampungnya bandara tahun 2018 itu merupakan rencana tahap 1 atau sesi satu dengan 1 runway, sedangkan rencana kedepannya masih akan ditambah menjadi 2 runway pada pembangunan sesi berikutnya.

Aher bahkan merencanakan akan membangun asrama haji juga di kawasan bandara. Nantinya, lanjut Aher, warga Jawa Barat tidak lagi harus ke Asrama Haji Bekasi sebelum berangkat ke tanah suci.

“Yang jelas kalau itu (pemberangkatan jamaah haji) bisa dilakukan berarti reputasi internasionalnya langsung terbentuk. Karena di Jawa Barat ini jamaah hajinya cukup besar bisa sampai 38 ribuan,” tandasnya. (Hilda)

banner 521x10

Komentar