oleh

HUT LVRI : Bertekad Intensifkan Sosialisasi Jiwa, Semangat, Nilai-nilai Kejuangan’45

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI) bertekad mengintensifkan sosialisasi Jiwa Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45 (JSN’45) kepada kalangan generasi penerus bangsa. Hal itu dikatakan Ketua DPP LVRI, Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun, di sela upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Kamis (2/1/2020).

“Di tengah derasnya arus budaya global dan bergesernya nasionalisme dari sebagian kalangan generasi milenial, LVRI berharap bisa berperan aktif menjadikan generasi penerus bangsa yang cinta tanah air, cinta negeri, sikap pantang menyerah dan percaya diri,” ujarnya.

Selain itu, para peserta kegiatan ziarah menyambut HUT LVRI tersebut juga dihadiri Ketua PP AU Marsekal TNI Purn. Djoko Sujanto dan Direktur Veteran Dirjen Pothan Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Hariyadi dan undangan lain.

“Kegiatan ziarah dalam rangka peringatan HUT Ke-63 LVRI itu, diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dari anggota veteran perwakilan 12 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LVRI di bawah koordinasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LVRI DKI Jakarta, utusan PP-AD, PP-AL, PP-AU, PP-POLRI dan PEPABRI, Pemuda Panca Marga (PPM) dan sejumlah perwakilan dari Veteran Perdamaian,” terang Saeful Sulun.

Menurut Saiful Sulun, sejak 2012 LVRI dengan segala keterbatasan telah melakukan sosialisasi JSN’45 mulai dari tingkatan pendidikan dasar, pendidikan tinggi, hingga organisasi kemasyarakatan, telah diberikan pemahaman soal pentingnya JSN’45.

“Kerja sama juga kami lakukan dengan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pendidikan Nasional, dan sejumlah kepala daerah di Jawa Barat dan Jawa Timur,” ucap Saiful Sulun yang juga mantan Wakil Ketua MPR RI ini.

Masih kata Saeful Sulun, sosialisasi JSN’45 dinilai, amat penting bagi generasi penerus yang lebih individual dan kerap dianggap kurang nasionalismenya. Apalagi pewarisan jiwa semangat dan nilai-nilai kejuangan itu juga diatur dalam AD/ART LVRI yang dikuatkan melalui Keppres.

“Agar mereka paham sejarah bangsa dan mengerti bahwa bangsa ini pernah memiliki semangat dan kesamaan sikap lalu mewujutkannya dengan bersama-sama berjuang membela negara secara bersama,” tegasnya.

Lebih lanjut, Mantan Pangdam Brawijaya ini mengatakan, JSN’45 akan terus dikembangkan dengan metode pelatihan, materi lebih menarik, mudah dipahami, aplikatif, sehingga disukai generasi muda saat ini. Untuk itu diharapkan seluruh komponen bangsa, terutama pemerintah, bisa mendorong dan membantu LVRI dalam melaksanakan tugas sesuai yang diatur dalam pasal 19 UU No 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia.

Selain ziarah, peringatan HUT LVRI di tingkat pusat juga ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan kepada Letjen TNI Purn. Rais Abin sebagai Ketua Umum Kehormatan DPP LVRI. Acara yang dilangsungkan bersamaan syukuran itu, berlangsung di Mabes LVRI Jakarta.

(Humas DPP LVRI)

Komentar