IKN Nusantara Meningkatkan Pendapatan UMKM dan Meningkatkan Perekonomian di Kaltim

Berita, Daerah418 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BALIKPAPAN — Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara Kota Balikpapan secara tegas menyatakan dukungannya terhadap perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur.

Ya, hal itu disampaikan H. Yotiyantoso selaku ketua. Apalagi, dengan terlibatnya Balikpapan sebagai salah satu kota penyangga IKN Nusantara, maka Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara yang menjadi bagian dari Kota Beriman sejatinya sangat mendukung sekali dengan adanya Ibu Kota baru tersebut.

“Alhamdulillah kami sangat senang Kota Balikpapan menjadi salah satu penyangga IKN. Dan kami selaku ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara siap menyambut IKN di Kalimantan Timur,” ujar H. Yotiyantoso, Jumat (7/4/2023).

Adapun sebagai bentuk dukungan, lanjutnya, betapa perlunya pihaknya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat memberikan sumbangsih terhadap IKN, sehingga warga lokal khususnya penduduk Balikpapan tidak hanya menjadi penonton di rumah sendiri.

Langkah atau persiapan yang harus disiapkan pihaknya, ialah mencetak generasi lokal yang dapat bersaing didalam pembangunan IKN maupun infrastruktur lainnya, sehingga tidak sekedar menjadi penonton tapi juga bisa dilibatkan dan diandalkan dalam pembangunan IKN Nusantara saat ini dan ke depan.

“Kita jangan jadi penonton. Kalau bisa generasi kita bisa bersaing manakala nanti dibutuhkan dari segi apapun di dalam IKN,” katanya.

Meski demikian, Yotiyantoso mengaku, bahwa adanya IKN tentu menghadirkan daya saing bagi para SDM lokal terhadap datangnya pekerja luar yang memiliki kemampuan. Oleh karena itu, kata dia, guna menghadapi tantangan itu, skil para pekerja lokal sudah harus dipersiapkan sedari dini.

“Kami selaku ketua paguyuban perlu mempersiapkan anak-anak muda yang punya potensi yang bisa bersaing di IKN,” tegasnya.

Selain tantangan, Yotiyantoso tak menampik bahwa IKN sejatinya sudah memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi, di mana para pelaku UMKM khususnya Balikpapan sudah merasakan peningkatan pendapatan.

“Saya selaku Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara dan sebagian anggota kami sudah merasakan dampak positif dengan hadirnya IKN. Adanya IKN sudah meningkatkan pendapatan baik di usaha kecil, menengah dan lainnya. Alhamdulillah itu yang kami harapkan,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara siap mendukung seluruh stake holder yang terlibat dalam pembangunan IKN. Pun begitu, pihaknya juga siap untuk bekerja sama TNI-Polri dan Pemerintah dalam menjaga keamanan pembangunan IKN.

“Kami juga sudah bersedia mengamankan dalam hal pembangunan IKN sesuai dengan kapasitas kami. Dan juga kami tidak keluar dari ranah paguyuban atau kerukunan untuk menjaga pembangunan IKN di Kalimantan Timur,” ungkapnya.

“Saya juga berharap dan berdoa mudah-mudahan pembangunan IKN di Kalimantan Timur ini bisa berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat,” pungkasnya.(Syaiful)

banner 521x10

Komentar