oleh

Indonesia Patut Bangga, Perancang Jembatan Lengkung LRT Jabotabek Terpanjang di Dunia Adalah Karya Anak Bangsa Bernama Dina

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Indonesia patut bangga dengan adanya jembatan melengkung terpanjang di dunia. PT Adhi Karya selaku perusahaan yang mengerjakan proyek Light Rail Transit (LRT) berhasil membuat jembatan lengkung terpanjang di dunia yang berada di kawasan Kuningan.

Yang lebih bangga lagi, jembatan lengkung dengan panjang 148 meter ini adalah karya anak bangsa. Dia adalah Arvila Delitriana, lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Banyak kalangan kagum akan karya anak bangsa tersebut, termasuk Presiden Joko Widodo.

Jembatan melengkung itu menghubungkan jalur LRT Cawang – Dukuh Atas. Jembatan itu memiliki tipe box border beton dengan radius lengkung 115 meter. Adapun panjang bentang utama adalah 148 meter dan beban pengujian pondasi 4.400 ton.

Data terakhir, pengerjaan proyek LR Jabodetabek tahap 1 mencapai 67,3 per awal bulan November. Adapun progres tiap ruas antara lintas Cawang – Cibubur 86,2 persen, Cawang – Bekasi Timur 60,5 persen, dan Cawang – Kuningan – Dukuh Atas 58,3 persen. (Red)

Komentar