oleh

Jalin Kerjasama Dengan PHRI, UMKM Siap Pasarkan Produknya

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor bekerjasama dengan Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor terkait pemasaran produk UMKM di seluruh Hotel Kota Bogor.

Pada Pertemuan di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Jalan Ir. Juanda, Selasa (30(04/2019) tersebut hadir 120 UMKM yang sesuai persyaratan sudah siap. Salah satunya memiliki perizinan lengkap.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, Anas S. Rasmana mengatakan, penandatanganan nota kerja sama ini menjadi penyemangat bagi UMKM. Salah satu kesepakatan antara Dinas Koperasi dan UMKM dengan PHRI, yakni bukan hanya menyediakan outlet UMKM tapi juga UMKM menjadi pemasok. Pasalnya jika hanya outlet UMKM menunggu pengunjung beli. Sedangkan kalau pemasok, produk UMKM bisa langsung digunakan.

“Target kita meningkatkan omset penjualan UMKM. Misalnya untuk dessert kue, UMKM kuliner kue yang jadi pemasok kue ke hotel bisa langsung dihidangkan,” ujarnya.

Anas menuturkan, setelah penandatanganan ini akan ada pertemuan berikutnya yang membahas lebih detailnya. Nanti juga PHRI akan membuat daftar kebutuhan barang apa saja yang bisa dipasok UMKM.

Begitu juga dengan Dinas Koperasi dan UMKM akan membuat daftar produk UMKM yang dibutuhkan hotel baru bisa dikerjasamakan.

“Kami hanya minta 20 persen dari pasokan hotel untuk produk UMKM ini, karena selama ini baru sekedar outlet UMKM saja dan itu belum tentu semua pengunjung beli,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengatakan, Pemkot Bogor mencoba menjamin agar UMKM yang ada di Kota Bogor merasa nyaman dengan membantu memasarkan produk-produknya seperti yang saat ini sedang diikhtiarkan. Ia pun berharap dengan komitmen tertulis ini semua UMKM diberikan kesempatan memasok produknya.

“Kami juga sedang mencari tempat di Kota Bogor yang bisa turut serta memasarkan produk temen-temen di UMKM, tempat yang dibuat khusus dibuat untuk UMKM,” imbuhnya.

Sementara itu, Owner Kaos Unchal, Raden Dodi mengatakan, dirinya sudah lama menginginkan produk kaosnya masuk ke hotel-hotel sebagai oleh-oleh untuk tamu hotel. Tak ayal, dengan adanya kerjasama ini membuatnya senang sekaligus optimis produknya bisa dipasok di hotel-hotel Kota Bogor.

“Mudah-mudahan dengan difasilitasi Pemkot Bogor bisa lebih mudah masuk ke hotel karena kami ingin produk kaos unchal ini semakin dikenal masyarakat,” katanya.

(ian Lukito)

Komentar