oleh

Jaring Bibit Berprestasi , 6000 Atlet Ikuti Popda

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Magelang 2020 telah dibuka langsung oleh, Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana di Stadion Gemilang, Kota Mungkid, Senin (10/2/2020). Sebanyak 6000 Atlet pelajar dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK seluruh Kabupaten Magelang berpartisipasi dalam ajang olah raga di tingkat daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, dalam laporannya mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya Popda tahun 2020 untuk memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan antar pelajar. Selain itu, sebagai penyaluran minat dan bakat para atlet di bidang olahraga, dan mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat Kabupaten Magelang untuk mengikuti kompetisi di tingkat Provinsi.

“Untuk jumlah peserta kali ini mengalami peningkatan yakni sebanyak 6000 peserta, yang terdiri dari para atlet pelajar di tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK. Sementara jumlah peserta di tahun 2019 sebanyak 4500 peserta,” ungkap, Iwan Sutiarso dalam laporannya.

Sementara cabang olahraga yang diperlombakan pada Popda kali ini meliputi, sepak bola, basket, bola voli, sepak takraw, bulutangkis, atletik, pencak silat, renang, tenis meja, taekwondo, karate, tenis lapangan, panahan, dan senam. Waktu penyelenggaraan Popda sendiri akan berlangsung dari tanggal 7-13 Februari 2020 mendatang.

 

Bupati Magelang dalam sambutannya melalui, Wakil Bupati Magelang, Edy Cahyana, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang secara konsisten akan terus mendukung upaya-upaya pembinaan dan pemasyarakatan olah raga kepada generasi muda melalui berbagai macam program kegiatan.

“Contohnya seperti Popda Tingkat Kabupaten Magelang, Popda Tingkat Karesidenan, gerak jalan 28 Km Tingkat Provinsi, kejuaraan daerah untuk pelajar, dan pemberian penghargaan untuk atlet-atlet berprestasi,” kata Edi.

Pemkab Magelang sepenuhnya menyadari bahwa olahraga merupakan salah satu alat untuk membina para pemuda agar bisa menjadi penerus yang bangga dengan jati diri bangsa Indonesia yang berkarakter, berbudaya, tangguh, mandiri, berwawasan kebangsaan, memiliki jiwa patriotisme, cerdas, dan berakhlak mulia.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta Popda agar selalu menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding. Kalah menang bukan tujuan akhir, namun bertanding dengan gembira, jujur, dan menjadi sehat lebih diutamakan. Melalui Popda dapat lahir bibit-bibit atlet daerah yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Magelang, serta mampu mengukir prestasi pada kejuaraan tingkat Provinsi, nasional, bahkan Internasional,” pungkas Edi.

(Ali Subchi)

Komentar