oleh

Wartawan Bogor Gelar Silaturahmi HPN 2020

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun Persatian Wartawan Indonesia (PWI) ke 74 Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Bogor terus berlanjut.

Dewan Penasehat PWI Kab Bogor, HRM Danang Donoroso menggelar Silaturahmi antara Wartawan dengan Birokrat Kabupaten Bogor atas prakrsa Harian Pelita Baru, di Muara Beres Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (10/2/2020).

Acara penuh dengan suasana keakrabaan ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin yang bersama pejabat Auditor Utama Inspektorat Kabupaten Bogor Adang Suptandar, Pejabat Diskominfo Kabupaten Bogor, para wartawan dan undangan lainnya.

Ketua Penasehat PWI Kabupaten Bogor dalam sambutannya, HRM Danang Donoroso menagih janji kepada Pemkab Bogor agar merealisasikan gedung Graha Wartawan yang pernah digagas Bupati Bogor ketika itu dijabat Rachmat Yasin beberapa waktu lalu.

“Dengan digelarnya kegiatan silaturahmi dalam rangka HPN & HUT PWI ini, kita mengenang peran wartawan pada saat perjuangan kemerdekaan cukup besar, ” ujar Danang yang juga Ketua Umum Sekretariat Bersama Wartawan Bogor.

Lebih lanjut, Danang mengusulkan agar Pemkab Bogor menghibahkan tanah untuk lokasi taman pemakaman wartawan di Kabupaten Bogor, sebagai makan pejuang pena.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bogor Burhanuddin menjawab janji Pemkab Bogor mengenai Gedung Graha Wartawan menjelaskan, bahwa untuk merealisasikan janji Pemkab tersebut, kini prosesnya sedang berjalan, bahkan dirinya sudah perintahkan jajarannya agar menentukan titik penetapan lokasi agar segera di ditetapkan oleh Bupati Bogor.

“Semua berproses, tentu melalui mekanisme, salah satu yang terpenting adalah menggelar ekspos lapangan dijadikan titik lokasi,” ujarnya.

Selain memberikan apresiasi kepada PWI dan Wartawan, Sekda Kabupaten Bogor juga menyamaikan apresiasi dan penghargaan setingi-tigginya kepada rekan-rekan wartawan, selain mengabarkan musibah bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Bogor juga menggalang donasi bantuan kepada korban bencana yang mengakibatkan kerugian material sekitar Rp. 1,8 triliun.

“Berkat dukungan dari rekan – rekan wartawan di lokasi bencana, maka Pemkab Bogor mendapat dorongan moral dan sigap antisipasi pasca bencana tersebut, ” kata Burhanuddin yang didampingi mantan Sekda dan kini sebagai auditor utama Inspektorat Adang Suptandar.

Sebelumnya, PWI Kabupaten Bogor menggelar kegiatan peringati HPN dan HUT PWI ke-74, menggelar kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pondok Rajeg, di Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (9/2/2020).

Bahwa sebelum acara ziarah makam dan tabur bunga, anggota PWI Kabupaten Bogor menggelar upacara kehormatan terhadap Sang Saka Merah Putih dan mendoakan para pahlawan yang telah tiada.

Ketua PWI Kabupaten Bogor H Subagio SIP mengatakan, kegiatan tabur bunga dan ziarah makam pahlawan ini, merupakan bagian dari introspeksi diri dalam mengenang jasa-jasa para pejuang yang telah gugur.

“Ziarah dan tabur bunga ini bagian dari kepedulian terhadap para pejuang sebelum kita. Jadi kita bisa mengenang jasa-jasa mereka yang telah gugur mendahului kita,” kata Subagio, usai acara.

Subagio menjelaskan, para pejuang kemerdekaan ini, juga tidak lepas dari pejuang-pejuang wartawan tentang demokrasi, tentang kemerdekaan, tentang pejuang aspirasi rakyat Indonesia.

“Bagaimanapun juga jurnalis setelah kemerdekaan juga menjadi pahlawan perjuangan, seperti sejak Kantor Berita Antara dibentuk kemudian didirikan PWI pada 9 Februari 1946 lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Penasehat PWI Kabupaten Bogor Piyarso Hadi mengaku bersyukur dan bangga atas kegiatan ini. Ia berharap jika kegiatan ini, selain menyambung silaturahmi juga bisa menjadi tolak ukur agar senantiasa bisa menghormati dan mengenang jasa-jasa para pejuang kemerdekaan.

“Semoga pahlawan yang telah gugur mendahului kita, senantiasa mendapat yang terbaik di sisi Allah SWT. Selain itu, biar bagaimanapun jurnalis juga bagian dari pejuang. Maka dari itu, sudah selayaknya kita akan rencanakan untuk pengadaan lokasi TMP Jurnalis yang dinilai sebagai bagian dari pejuang kemerdekaan,” imbuh Piyarso Hadi yang juga Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bogor Raya tersebut.

(Kristian Budi Lukito)

Komentar