Jelang Nataru, Polresta Bogor Kota dan Jajaran Polsek Monitoring Sejumlah Pedagang Petasan

Megapolitan468 Dilihat

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Guna menciptakan situasi aman dan kondusif, Polresta Bogor Kota melaksanakan Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kegiatan Harkamtibmas sudah dilakukan Polresta Bogor Kota Jauh sebelumnya, termasuk saat ini melaksanakan monitoring terhadap para penjual kembang api dan petasan disejumlah wilayah hukum Polresta Bogor Kota, Selasa (19/12/2017).

Monitoring terhadap para penjual eceran maupun Toko dan gudang penyimpanan jenis kembang api berizin pun tidak luput dari pantauan jajaran Polresta Bogor Kota, hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas Kota Bogor untuk lebih kondusif menjelang Ops Lilin 2017.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengungkapkan, pihaknya akan terus melaksanakan monitoring termasuk mengamankan para pedagang dan barang bukti petasannya apabila ada jenis petasan dengan daya ledak tinggi, pasalnya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru identik dengan banyaknya petasan dengan berbagai macam jenis.

“Untuk itu saya memerintahkan kepada seluruh jajaran Polsek untuk melakukan monitoring terhadap para pedagang eceran maupun Toko dan gudang yang berizin sekalipun, guna menciptakan Harkamtibmas di Kota Bogor,” ungkap Ulung.

”Sampai saat ini belum ditemukan adanya para pedagang eceran yang menjual petasan dengan daya ledak tinggi hanya ditemukan beberapa jenis kembang api, namun jika kembang api itu pun termasuk dalam kategori yang membahayakan tetap akan kami amankan, dan para pedagangnya akan kami beri himbauan untuk tidak menjualnya kembali.” imbuh Kapolresta Bogor Kota.

Sementara itu, Kasubbag Humas AKP Yuni Astuti mengatakan, Monitoring ke sejumlah Toko dan Gudang tempat penyimpanan kembang api yang berizin dan para pedagang eceran sudah dilaksanakan dari hari senin kemarin, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya perdedaran petasan dengan daya ledak tinggi sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

“Polresta Bogor Kota dan jajaran Polsek setiap hari melakukan monitoring terhadap para pedagang eceran petasan,” Kata Yuni Astuti.

Sebelumnya, Polsek Bogor Timur dalam rangka Harkamtibmas menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru melaksanakan operasi cipta kondisi mandiri kewilayahan terhadap para pedagan petasan. Alhasil, jajaran Polsek Bogor Timur yang dipimpin oleh Kanit Reskrim dan Pawas membuahkan hasil dengan mengamankan para penjual petasan dan barang bukti petasan dengan berbagai merek yang diduga dapat membahayakan.

“Semalam kami amankan para penjual petasan berikut barang buktinya. Diantaranya 6 buah petasan merk happy flower, 10 buah petasan merk kembang api berwarna, 20 buah petasan merk tikus tanah tor, 2 buah petasan merk ular kobra, 3 buah petasan merk colorfull, dan 12 buah petasan merk Change Dragon. Sementara ini kami amankan di Mapolsek Bogor Timur,” kata Kanit Reskrim Polsek Bogor Timur, Iptu Agus K Pramos, Selasa (19/12/2017).

Sementara Kapolsek Bogor Timur Kompol Marsudi Widodo membenarkan bahwa pihaknya akan terus melaksanakan Operasi cipta Kondisi dengan sasaran para pedagang petasan, minuman keras dan Narkotika, operasi malam tadi memang membuahkan hasil dengan mengamankan beberapa petasan berbagai macam merk. “Para pedagangnya kami berikan himbauan agar tidak lagi menjual petasan yang bisa membahayakan orang lain dan dirinya sendiri,” katanya. (ian)

banner 521x10

Komentar