Jelang “New Normal”, Dirbinmas Polda Metro Jaya Lakukan Pemantauan Poskamling

INILAHONLINE,COM, KOTA BEKASI

Menjelang New normal atau tatanan hidup baru di masa pandem Corona Virus Disease (Covid-19) yang akan segera diterapkan di beberapa daerah, Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Pol Badya Wijaya gencar melakukan pemantauan awak atau petugas Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling).

Poskamling yang didatangi Dirbinmas PMJ yang didatangi tersebu adalah Poskamling RT 001/RW.003 yang berlokasi di jalan Kalimanggis, Kecamatan Jatisampurna, Bekasi Kota. Kedatangan Perwira Menengah (Pamen) Polisi berpoangkat tiga melati itu didampingi Kasubdit Bin Polmas PMJ untuk melihat dari dekat kesiagaan sejumlah Poskamling di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Kedatangan kami ini rangka mengantisipasi timbulnya dampak negatif pasca diberlakukan peraturan-peraturan pemerintah selama pandemi Covid-19 serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat seiring dengan meningkatnya angka tindak pidana pasca program asimilasi narapidana dan sebagai persiapan Fase New Normal,” kata Badya Wijaya, Selasa,(02/06/2020)

Dirbinmas PMJ kepada awak Poskamling dan warga, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari warga Kampung Kalimanggis yang sangat antusias atas kesaradaran betapa pentingnya keberadaan pso kamling untuk menjaga dan antispasi gangguan-gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) lingkungan warga.

“Kegiatan yang kita lakukan ini dalam rangka melaksanakan perintah Bapak Kapolda Metro Jaya untuk mengaktifkan kembali keberadaan keberadaan Poskamling sebagai bentuk sistim pengamanan lingkungan (Siskamling) swakarsa. Karena siskamling yang baik adalah mengikutsertakan warganya secra rutin dan konsisten,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Dirbinmas PMJ, keberadaan siskamling sudah ada sejak zaman dulu, sehingga siskamling di Indonesia adalah merupakan salah satu pilar dan miniatur Bhinneka tunggal Eka yang sangat penting tanpa mengenal latar belakang dan merupakan daya tangkal bagi ancaman kejahata. Dengan cara menghidupkan Siskamling yang merupakan sistem yang sangat tepat dan akurat yang diharapkan dapat menurunkan angka kejahatan, apabila dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab dan berkesinambungan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada jajarannya serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, anggota dewan, Pokdar kamtibmas dan Satpol PP yang telah membantu pelaksanaan PSBB di wilayah Bekasi Kota,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dirbinmas PMJ juga mengatakan, bahwa keberhasilan kita semua dengan menaati Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan angka kasus Covid-19 khususnya di Kota Bekasi, dibuktikan dengan adanya kunjungan Bapak Presiden ke Bekasi Kota beberapa wktu lalu bersama Kapolri dan Panglima TNI.

“Berkaca kejadian yang terjadi saat ini di Amerika, insya Allah tdk akan terjadi di Indonesia, kami TNI Polri adalah abdi masyarakat. Kami berusaha untuk memberikan teguran dan himbauan secara persuasif kepada masyarakat. Menurut rencana, Pos Kamling RW 03 kampung Kalimanggis untuk dijadikan Kampung Tangguh Nusantara, yaitu tangguh terhadap hoax (berita bohong), anti tawuran, anti Narkoba, tangguh menghadapi Covid-19.”, paparnya.

Masih kata Dirbinmas PMJ, Pemerintah akan menerapkan fase tatanan kehidupan normal, TNI dan Polri adalah garda terdepan dibantu stake holder lainnya untuk menerapkan kehidupan New Normal. Untuk itu, pihaknya mempersilahkan warga masyarakat untuk beraktifitas dengan syarat wajib menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) protokoler kesehatan, yakni tetap mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun serta menerapkan sosial dan physical distancing (menjaga jarak aman sosial dan fisik).

“Dengan adanya pandemi Covid-19 dampaknya sangat luar biasa, salah satunya tingginya tingkat kejahatan, pengangguran dan banyaknya warga yang terpapar. Sehingga kami minta agar awak Kamling tetap tegas dalam melaksanakan tugas, karena sinergitas TNI dan Polri tidak bisa berjalan dengan baik apabila tidak ada peran serta dari masyarakat. Kita semua harus optimis dan semoga pendemi covid-19 cepat selesai dan tetap semangat”, pungkas Kombes Pol Badya Wijaya.

Dalam kegiatan pemantauan Poskamling yang dilaksanakan itu dihadiri Dirbinmas PMJ, Kombes Pol. Badya Wijaya, S.H, M.H, Kasubdit Bin Polmas, Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi H. Edy S.Sos, AKBP Sri Wardiningsih, Kasatbinmas Polrestro Bekasi Kota, AKBP Wiyono SH MH, Kasi BinOrsosmas, Kompol Sulistio, Kasi BinKommas, Kompol Rendy A.R, Kapolsek Pondok Gede Kompol Hersiantony SH, MH, Kanit Binmas Polsek Pondok Gede Iptu Murjito.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Camat diwakili oleh Sekcam Jati Sampurna Endang Supratman, Lurah Jati Karya Ibu Sulatifah, Ketua RW 03 H.Kanta, Tilawah Nana suhendra, Bhabinsa Jati Karya Serda Selamet, Ketua RW 06 sekaligus Ustadz Herman Indriawadi, Satpol PP Kecamatan Jati Sampurna, Pokdarkamtibmas berjumlah 6, para awak kamling berjumlah, ibu-ibu PKK RW serta pengurus serta anggota Karang Taruna RW 03 Kalimanggis, Jati Sampurna Kota Bekasi.

(NP/Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar