oleh

Kabaharkam Polri Apresiasi Konsep Kampung Tangguh Semeru Yang Mencakup Segala Aspek Ketahanan

INILAHONLINE.COM, SIDOARJO

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, memberikan apresiasi Kampung Tangguh Semeru yang mencakup segala aspek ketahanan disejumlah wilayah di Jawa Timur, salah satunya Kampung Tangguh RW 12 Desa Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

“Ada lima Kampung Tangguh Semeru di Jatim yang kami kunjungi. Kami sangat mengapreasiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas peran serta warga, perangkat desa, para relawan dan berbagai instansi yang terlibat. Karena keberadaan Kampung Tangguh ini terbukti mampu menguatkan pemberdayaan masyarakat khususnya dalam hal ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19,” kata Agus Andrianto, Sabtu (30/5/2020)

Menurutnya, Kabaharkam Polri mengaku kagum dengan konsep Kampung Tangguh Semeru yang mencakup segala aspek ketahanan, membuat masyarakat tangguh dari sisi kesehatan, sumber daya manusia (SDM), keamanan, informasi, budaya, hingga logistik. Kampung Tangguh tak hanya fakus dalam penanggulangan persebaran Covid-19 saja, namun juga membangun ketahanan pangan masyarakat serta dapat menjadi solusi terkait antisipasi peringatan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) tentang kemungkinan terjadinya kelangkaan pangan dunia akibat dampak Covid-19.

“Semoga dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini dapat menjadi role model bagi wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Nanti juga akan kami sampaikan kepada Kapolri terkait konsep Kampung Tangguh Semeru yang begitu tepat dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Jenderal Polisi Bintang Tiga tersebut.

Selain itu, Kabaharkam Polri juga menyalurkan bantuan dari Kapolri kepada warga terdampak Covid-19 di RW 12 Desa Waru berupa 250 kilogram beras, 20 kardus mi instan, dan 60 liter minyak goreng.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji juga menyampaikan, bahwa di Kabupaten Sidoarjo terdapat 183 Kampung Tangguh Semeru, 67 di antaranya merupakan pilot project yang nantinya dapat dijadikan contoh bagi desa lain, khususnya desa di kecamatan yang mendapat status zona merah.

(NP/PH)

Komentar