oleh

KAI Daop IV Semarang Operasikan KA Priority Secara Reguler untuk Penigkatan Pariwisata

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – PT Kai Daop IV Semarang mulai resmi operasikan kereta Api (KA) kelas Priority lintas Semarang-Jakarta secara reguler, dari sebelumnya hanya melayani pada akhir pekan.

Kereta Api (KA) kelas Priority yang dirangkaikan pada KA Argo Muria itu, untuk melayani para penumpang kelas atas dan para wisatawan mancanegera yang akan melakukan perjalanan Semarang-Jakarta pp.

General Manajer Marketing PT Kereta Api Pariwisata Parevin Marhaenianto mengatakan, pengoperasian KA kelas Priority Semarang-Jakarta dilakukan secara reguler, setelah animo masyarakat pada relasi tersebut terus meningkat.

”Animo masyarakat selama ini semakin meningkat, sehingga kami operasikan secara reguler mulai 27 Agustus 2018, dari sebelumnya hanya dioperasikan setiap weekend, berangkat dari Jakarta setiap Jumat dan setiap Minggu dari Semarang,”ujarnya, Senin (27/8/2018).

Menurutnya, gerbong KA Kelas Priority ini bagian dari KA Pariwisata yang dirangkaikan KA Reguler, dengan kapasitas 28 tempat duduk dan dilengkapi berbagai fasilitas di antaranya minibar, interior yang mewah, teevisi LCD dan lainnya yang dapat membuat penumpang merasa nyaman.

”Penumpang akan mendapatkan makan dan minuman secara gratis, bahkan dapat mengambil mnuman baik teh maupun kopi tanpa dibatasi,”paparnya.

Namun demikian, kata dia, Tiket weekend selama ini dibanderol Rp 700,000, sedangkan setelah dijalankan secara reguler, dikenakan tiket promo Rpn480.000 per orang.

”Penumpang juga akan mendapatkan pelayanan dari pramugari seperti layaknya penumpang pesawat kelas bisnis atau eksekutif,”tuturnya.

Ia menambahkan, dengan dioperasikan KA kelas Priority yang hanya tersedia satu gerbong, pada saat keberangkatan KA Argo Muria atau pun Argo Sindoro ini, memberikan alternatif kepada masyarakat sesuai segmentasinya masing-masing.

”Selain diperuntukkan bagi penumpang kereta kelas atas, KA Priority ini juga diperuntukkan bagi turis asing yang ingin menikmati perjalanan dan berangkat, dari Jakarta pagi pukul 07.00 WIB hingga tiba di Semarang pukul 13.00 WIB,”ujarnya.

Masalah tiket, lanjut dia, dapat diperoleh di stasiun kereta dan channel distribusi KAI lainnya. Dengan peningkatan layanan transportasi kereta api ini, diharapkan juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan ke wilayah Jawa Tengah, khusus ke wilayah tempat wisata di koridor Jawa bagian Pantura seperti Pekalongan dan Semarang.

”Trend para penumpang royal relasi Semarang – Jakarta selama ini, terus menunjukan trend peningkatan yang cukup positif dan mengalami kenaikan 12,% menjadi sebanyak 755.701 penumpang telah menggunakan layanan kereta api relasi Semarang – Jakarta, dibandingkan t2016 yang hanya 674.021 penumpang,”ujarnya.(Suparman)

Komentar