Kanwil BPN Jateng, Berikan Penghargaan Terhadap Kantor BPN Kota yang Penuhi Taget

Daerah985 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Badan Pertanahan Nasional Wilayah Provinsi Jawa Tengah, memberikan apresiasi terhadap kinerja yang dilakukan para kantor Badan Pertanahan Nasional tingkat Kabupaten/Kota, yang realisasi sertifikat mencapai 100,37 persen dari arget 645.983 bidang, terealisasi 648.405 sertifikatsehingga berhasil memenuhi target terhadap program pensertifikatan tanah lengkap sistematis (PTSL).

”Karena dinilai berhasil memenuhi program PTSL dari target yang ditentukan dalam tahun 2017, maka kami sebagai Kanwil memberikan apresiasi terhadap kinerjanya yang bagus tersebut,”kata Kakanwil BPN Provinsi Jateng Heri Santosa kepada Inilahonline.com dalam Evaluasi Pelaksanaan APBN 2017 dan Pelaksnaan APBN 2018 di Semarang, Jumat (5/1/2018).

Menurut Heri, program percepatan pencapaian pendaftaran tanah yang menjadi prioritas Presiden Joko Widodo, telah memberikan dorongan terhadap kinerja anak buahnya yang berada di daerah, sehingga berhasil memenuhi target yang ditentukan.

”Ini semua tidak lepas dari kerja keras para Kepala BPN Kabupaten/Kota dibantu para kasi dan stafnya, dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dalam pensertifikatan tanahnya,”paparnya.

Namun demikian, dalam capaian tersebut tidak lepas dari koordinasi aparat pemerintahan seperti Bupati/Walikota yang berada di wilayah masing-masing, ikut aktif mensosialisasikan terhadap pensertifikatan tanah lengkap sistematik (PTSL), juga dibantu oleh aparat kecamatan, Kelurahan/Kepala Desa yang berada di desa.

”Berkat bantuan dan sosialisasi dari aparat pemerintah dan instansi terkait, program pemerintah yang dicanangkan Presiden RI mendapat tanggapan baik, sehingga masyarakat berbondong-bondong ke BPN mengurus dan mendaftarkan sertifikat tanahnya,”paparnya.

Diakui Heri, meski sebelumnya ada rasa kawatir tidak bisa terpenuhi terhadap target yang ditentukan, namun dengan semangat dan kinerja para kepala kantor dan stafnya akhirnya target tersebut bisa tercapai. Oleh karena itu, dengan tercapainya pensertifikatan dengan proses pengukuran dengan baik.

”Jadi pengukuran yang selama ini menjadi kendala, kini sudah bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak ada masalah dalam administrasinya,”tuturnya.

Kanwil BPN, lanjut Heri, dalam mensukseskan program nasional ini terus melakukan setrategi dan terobosan terbaik dengan menggandeng pemerintah Provinsi dan kabupaten/Kota untuk menyamakan persepsi untuk menyusun satu basis data.

”Jadi keberadaan satu data spasial ini sangat penting, mengingat tantangan untuk melaksanakan program nasional di bidang agraria tersebut semakin berat,”paparnya.

Untuk pelaksanaan tahun 2018, Hari berharap program pemerintah tentang pensertifikatan tanah yang diperuntukan untuk kaum petani, nelayan dan UMKM dengan target 1.200.000 bidang sertifikat tanah di wilayah Provinsi Jawa Tengah bisa berhasil dilaksanakan dengan baik.

”Saya optimis dari target 1.200.000 bidang sertifikat tanah bisa tercapai untuk dilaksanakan, bahkan kemungkinan bisa lebih yang dilaksanakan,”ujarnya.

Sedangkan penghargaan terhadap apresiasi yang diberikan oleh Kanwil BPN Jateng antara lain adalah meliputi, penghargaan pelaksanaan kegiatan PTSL kategori 0-10.000 bidang peringkat 1) diraih Kantor Pertanahan Kota Surakarta, 2) Kota Magelang, 3) Kabupaten Wonogiti, 4) Kota Pekalongan.

Penghargaan kaegori 10.000- 20.000 bidang peringkat 1) Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang, 2) Kab. Rembang, 3) Kab.Demak, 4) Kab. Kendal. Kategori 20.000-30.000 bidang peringkat 1) Kab. Jepara, 2) Kab.Banyumas, 3) Kab.Cilacap, 4) Kab. Sragen. Kategori 30.000-50.000 bidang peringkat 1) Kab. Boyolali, 2) kab. kebumen, 3) Kab. Pati, 4) Kab. Semarang.

Penghargaan atas daear penyerapan anggaran di lingkungan kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah per 29 Desember 2017. Peringkat 1) diraih Satker Kantor Pertanahan Kota Magelang, 2) Kab. magelang, 3) Kab. Wonogiri, 4) Kota Semarang, 5) Kota Tegal, 6) Kab.Pemalang, 7) Kantor Wilayah BPN Provinsi Jateng, 8) Kota Salatiga, 9) Kab. Brebes, 10) Kantor Pertanahan kab.Tegal.(Suparman)

banner 521x10

Komentar