oleh

Kapolda Jateng, Bedah Buku Pentingnya Pemimpin dalam Menjaga Kebhinekaan dalam NKRI

-Daerah-116 Dilihat

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Kapolda Jateng Irjenpol Condro Kirono melaunching buku sekaligus melaksanakan bedah buku karyanya yang berjudul Memimpin Dalam Keberagaman di Rama-Shinta Ballroom, Patra Jasa Hotel, Senin (18/12/2017) kemarin.

Secara garis besar buku berjudul Memimpin dalam Keberagaman, Kearifan Lokal Menjaga NKRI tersebut berisi tentang pentingnya pemimpin dalam menjaga kebhinekaan dalam sebuah kesatuan wilayah yang memiliki keberagaman etnis, suku, agama dan ras seperti di wilayah Jawa Tengah.

Condro memaparkan menjaga dan merawat kebhinekaan adalah hal mutlak yang dibutuhkan bangsa ini, untuk menjaga persatuan dalam keberagaman. Berbagai kasus intoleransi terjadi di Indonesia dan juga yang pernah terjadi di Jawa Tengah, menginspirasikan Condro untuk berbagi pengalamannya dalam tugas pemimpin dalam merajut persatuan dan kesatuan.

”Jadi bagaimana kita mengelola keberagaman itu supaya tetap bisa menjaga kondusifitas wilayah tidak terjadi perpecahan sehingga otomatis ini akan menjaga keutuhan NKRI, itu yang saya sampaikan dalam buku ini,” jelas Kapolda.

Dalam buku setebal 194 halam itu ia membagikan kisah inspiratifnya bagaimana mengelola konflik sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

”Beragam tantangan keberagaman di Jawa Tengah haruslah dihadapi bersama, dan bukan hanya polisi semata, merangkul masyarakat dan bersama-sama menjaga persatuan dan saling toleransi,”tuturnya seperti dilansir Tribunjateng.com.

Bedah buku tersebut diikuti oleh 200 peserta dari kelompok umat beragama, kepolisian, masyarakat, wartawan dan mahasiswa. Ia berharap agar bukunya ini bisa bermanfaat untuk semua anggota Polri.

”Mudah-mudahan buku yang saya tulis tadi bisa memberikan tambahan pencerahan, pengetahuan syukur-syukur inspirasi bagi keluarga besar polri dan masyarakat,” pungkasnya.(Suparman)

banner 521x10

Komentar